Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KRISIS EROPA: ECB dipastikan jadi pengawas, dana bailout langsung disalurkan ke bank

BRUSSELS: Para menteri keuangan Uni Eropa (UE) sepakat untuk menunjuk Bank Sentral Eropa (ECB) sebagai pengawas semua bank di zona euro dan mengizinkan pengucuran dana bailout secara langsung kepada bank-bank.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 13 Desember 2012  |  17:52 WIB

BRUSSELS: Para menteri keuangan Uni Eropa (UE) sepakat untuk menunjuk Bank Sentral Eropa (ECB) sebagai pengawas semua bank di zona euro dan mengizinkan pengucuran dana bailout secara langsung kepada bank-bank.

Komisioner Jasa Finansial UE Michel Barnier pada Rabu (13/12) di Brussels mengatakan  mekanisme pengawasan perbankan baru ini akan siap dilaksanakan pada 1 Maret 2014 dan 200 bank akan secara otomatis berada di bawah pengawasan langsung ECB.

Berdasarkan hasil pertemuan selama 14 jam itu, menurut Barnier, dana Mekanisme Stabilitas Eropa (ESM) sebesar 500 miliar euro dapat membantu bank-bank secara langsung dengan prosedurnya sendiri dan bantuan dari ECB. “Kesepakatan ini adalah elemen yang fundamental bagi stabilitas finansial di Eropa,” ujarnya.

Barnier mengatakan ECB akan punya akses penuh ke informasi perbankan dan memberi perlakuan yang sama kepada bank-bank non-eurp yang ingin bergabung dengan sistem pengawasan ini.

Para petinggi UE, yang juga tengah mengadakan pertemuan reguler di Brussels, melihat pengawasan perbankan akan membantu upaya mereka mengatasi krisis finansial di zona euro yang kini memasuki tahun keempat.

“Saya rasa kami telah sepakat dengan beberapa poin penting untuk mendirikan pengawasan bank Eropa yang seharusnya dimulai pada 2014,” kata Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble.

Dengan kesepakatan ini, dana ESM boleh dipakai untuk merekapitalisasi bank-bank secara langsung asal negara yang bersangkutan mengajukan permohonan kepada ECB agar mengambil alih pengawasan terhadap bank yang bermasalah tersebut.

Para menteri keuangan masih harus menyusun aturan main bagi bank-bank agar mendapatkan suntikan dana bailout secara langsung dari ESM tanpa harus membebani keuangan negara seperti program dana penyelamatan sektor finansial Spanyol.

Payung hukum bagi pengawas baru ini dapat disahkan bersama dengan Parlemen Eropa pada akhir Februari 2013, sehingga ECB akan punya waktu setahunpenuh sebelum melaksanakan tugas barunya itu.

Kesepakatan ini juga menentukan ukuran bank yang dapat diawasi ECB secara langsung. Nilai tukar euro, mata uang yang digunakan 17 negara zona euro, menguat terhadap dollar Amerika Serikat (AS) usai kesepakatan itu disampaikan. (Bloomberg/ara/arh)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : Annisa Lestari Ciptaningtyas

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top