Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

EKSPANSI PABRIK: Kawasan Industri Gresik perluas lahan

TUBAN: PT Kawasan Industri Gresik –perusahaan patungan PT Semen Gresik (Persero) Tbk dan PT Petrokimia Gresik (Persero) mengembangkan kawasan industri seluas 227 hektar di Tuban, guna mengantisipasi pertumbuhan industri manufaktur di wilayah tersebut.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 12 Desember 2012  |  18:25 WIB

TUBAN: PT Kawasan Industri Gresik –perusahaan patungan PT Semen Gresik (Persero) Tbk dan PT Petrokimia Gresik (Persero) mengembangkan kawasan industri seluas 227 hektar di Tuban, guna mengantisipasi pertumbuhan industri manufaktur di wilayah tersebut.

Sementara Pemerintah Kabupaten Tuban mengimbau kepada para investor dari luar daerah tersebut [yang mengoperasikan kendaraan bermotor dari daerah lain] agar melakukan mutasi pelat kendaraan bermotor ke kabupaten setempat.

Direktur Utama PT Kawasan Industri Gresik (KIG) Sugeng Rahardjo optimistis tren permintaan lahan di kawasan industri di Kab. Tuban di tahun-tahun mendatang akan semakin meningkat, menyusul berdatangannya investor ke wilayah tersebut.

Menurutnya, Kab. Tuban menjadi kabupaten tujuan investasi paling menarik ke tiga di Jatim sesudah Kab. Sidoarjo dan Kab. Gresik. Hal itu antara lain ditandai dengan masuknya sejumlah investor besar yang mendirikan pabrik di kabupaten tersebut antara lain PT Semen Gresik mendirikan empat unit pabrik semen, PT Holcim juga mendirikan pabrik semen dan beberapa industri menengah juga terus berdatangan.

“[Untuk mengantisipasi pertumbuhan industri manufaktur] kami membuka Kawasan Industri Tuban (KIT) seluas 227 hektare, yang akan kami awali membangun infrastruktur (jalan masuk) terlebih dulu. Dijadwalkan infrastruktur rampung semester I 2013 dan akhir Desember 2013 sudah bisa menyiapkan lahan komersial,” ujarnya di sela-sela Ground Breaking Kawasan Industri Tuban, hari ini (Rabu, 12 Desember).

KIT berlokasi di pinggir jalan pantai utara lintas Tuban – Semarang seluas 227 hektare. KI tersebut disiapkan untuk lahan industri sistem sewa dan jual, ruko sistem jual dan sewa serta persewaan gudang. Harga jual lahan dipathok Rp500.000 per m2.

Sebelumnya, PT KIG sudah mengoperasikan KI seluas 140 hektare di Gresik yang kini dihuni 100 investor. Perusahaan patungan PT SG dan PT Petrogres itu juga tengah berancang-ancang memperluas lagi KI di Kota Pudak (Gresik) itu.

Bupati Tuban Fathul Huda berharap pembukaan KIT akan menstimulasi pertumbuhan ekonomi di Tuban, sekaligus mengundang calon-calon investor untuk menanamkan modal di kabupaten tersebut.

“Kami juga berharap investor yang masuk ke wilayah kami menjadi ‘penduduk’ Tuban, antara lain kendaraan bermotor yang dioperasikan di sini yang berasal dari daerah lain dimutasikan dengan pelat nomor Kab. Tuban,” tuturnya. (k22/arh)

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : JIBI

Editor : Annisa Lestari Ciptaningtyas

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top