Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ANGKASA PURA I Percepat Perluasan Bandara Sultan Hasanuddin

MAKASSAR--PT Angkasa Pura (AP) I mempercepat perluasan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin seluas 20 hektare yang ditargetkan rampung pada 2014.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 12 Desember 2012  |  15:23 WIB

MAKASSAR--PT Angkasa Pura (AP) I mempercepat perluasan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin seluas 20 hektare yang ditargetkan rampung pada 2014.

Komisaris Utama PT AP I Suratto Siswodihardjo mengatakan perluasan bandara itu, untuk mengantisipasi over capacity atau daya tampung penumpang melebihi kapasitas yang diprediksi bakal terjadi beberapa tahun mendatang.

“Pertumbuhan penumpang di Bandara Sultan Hasanuddin rerata sebesar 15% per tahun,” kata Suratto, Rabu (12/12/2012).

Hal itu, lanjutnya, membuat jumlah penumpang yang dilayani melalui bandara yang dikelola BUMN tersebut diproyeksi akan mencapai 13 juta penumpang pada 2015.

Dia menyebutkan kapasitas normal Bandara Hasanuddin maksimal mampu menampung 7 juta penumpang. Tapi sekarang, penumpang yang dilayani hingga akhir tahun ini sudah 8 juta orang sehingga perluasan bandara menjadi langkah optimalisasi untuk menghadapi over capacity.

Menurutnya, langkah perluasan terminal bandara menjadi prioritas utama pada 2013 untuk menghindari kesemrawutan dalam hal pengaturan jadwal penerbangan pesawat. 

Kendati demikian, lanjut Suratto, pertumbuhan arus penumpang yang signifikan kedepannya diproyeksikan mampu memberikan kontribusi besar terhadap laju pertumbuhan ekonomi Makassar dan Sulsel secara keseluruhan.

"Over capacity Bandara Sultan Hasanuddin sebenarnya bukan hal yang mesti dikhawatirkan karena menunjukkan pertumbuhan ekonomi daerah ini yang cukup bagus,” katanya.

Hal itu, ditunjukkan dengan aktifitas bandara yang meningkat signifikan. Apalagi pihaknya akan melakukan langkah antisipasi menghadapi over capacity dengan pengembangan dan perluasan bandara.

Selain itu, sejumlah fasilitas juga tengah dirancang Angkasa Pura I dengan penyediaan fasilitas pendukung di Bandara Sultan Hasanuddin seperti hotel yang juga direncanakan bakal direalisasaikan pada semester I tahun depan. (K46) (Foto: bahasa.makassarkota.go.id)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Amri Nur Rahmat

Editor : Yanita Petriella

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top