Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Terlambat beri info akuisisi, KPPU denda Mitra Pinasthika Rp4,6 miliar

JAKARTA: Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mendenda PT Mitra Pinasthika Mustika sebesar Rp4,6 miliar akibat terlambat melakukan pemberitahuan akuisisi saham PT Austindo Nusantara Jaya Rent.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 12 Desember 2012  |  18:00 WIB

JAKARTA: Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mendenda PT Mitra Pinasthika Mustika sebesar Rp4,6 miliar akibat terlambat melakukan pemberitahuan akuisisi saham PT Austindo Nusantara Jaya Rent.

“Menyatakan bahwa Terlapor, terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 29 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999,” ungkap majelis komisi yang dipimpin Sukarmi pada, Selasa (11/12).

Denda keterlambatan notifikasi Mitra Pinasthika adalah yang pertama sejak diberlakukannya Peraturan KPPU No. 4 tahun 2012 tentang Pedoman Pengenaan Denda Keterlambatan Pemberitahuan Penggabungan atau Peleburan Badan  Usaha  dan Pengambilalihan Saham Perusahaan.

Seperti diketahui, peleburan badan usaha yang berakibat nilai aset dan atau nilai penjualannya melebihi jumlah tertentu wajib diberitahukan secara tertulis kepada KPPU paling lama 30 hari kerja sejak tanggal berlaku secara yuridis akuisisi tersebut.

Penilaian atas akuisisi Austindo Nusantara (ANJR) itu sendiri telah dikeluarkan komisi dan menyatakan tidak ada dugaan praktik monopoli atau persaingan usaha tidak sehat yang diakibatkan aksi korporasi Mitra Pinasthika itu.

Penilaian terhadap akuisisi perusahaan dilakukan KPPU dengan mengacu Peraturan Pemerintah (PP) No.57/2010 tentang Tata Cara Pemberitahuan dan Penilaian Merger, Konsolidasi dan Akuisisi.

Komisi menerima pemberitahuan akuisisi itu pada 27 April dan pada 20 Juni dokumen pemberitahuan dinyatakan lengkap dan terhitung sejak tanggal tersebut Komisi melakukan penilaian dengan mengeluarkan Surat Penetapan 40/KPPU/Pen/VI/2012.

Mitra Pinasthika Mustika (MPM) merupakan suatu perusahaan yang didirikan dengan nama PT Mitra Pratama Mustika pada tanggal 2 November 1987 yang bergerak sebagai distributor sepeda motor merek Honda untuk wilayah Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur. (arh)

 

 

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : M. Taufikul Basari

Editor : Annisa Lestari Ciptaningtyas

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top