Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BANK MANDIRI: Rasio intermediasi valas akan dijaga di level 75%

JAKARTA—PT Bank Mandiri Tbk menyatakan menjaga rasio intermediasi, atau loan to deposit ratio, valuta asing di level 75% karena situasi ekonomi global yang belum stabil.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 12 Desember 2012  |  20:14 WIB

JAKARTA—PT Bank Mandiri Tbk menyatakan menjaga rasio intermediasi, atau loan to deposit ratio, valuta asing di level 75% karena situasi ekonomi global yang belum stabil.

Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini membantah jika penyaluran kredit valutas asing (valas) rendah karena kekurangan likuiditas. 

“Itu lebih karena kami berhati-hati pada situasi tahun ini. Kami memiliki likuiditas valas yang memadai untuk beri kredit valas dalam jumlah wajar. Namun, perseroan memutuskan untuk prudent saja, jangan tumbuh cepat. LDR [loan to deposit ratio] kami jaga di 75%,” paparnya di sela-sela acara “Economy Outlook 2013” yang diselenggarakan Ikatan Bankir Indonesia (IBI), Rabu (12/12/2012).

Zulkifli menegaskan pihaknya selalu berupaya untuk meningkatkan dana pihak ketiga (DPK), baik dalam bentuk Rupiah maupun valas. 

Dia menerangkan dalam menyalurkan kredit valas, perseroan mengusahakan agar pinjaman tersebut digunakan untuk sektor produktif dan jangka waktunya sesuai dengan jangka waktu investasi.

Perseroan menyatakan jika perekonomian Indonesia tumbuh di kisaran 6,3% tahun depan, ada peluang bagi perbankan secara keseluruhan untuk menyalurkan kredit di level yang sama seperti tahun ini. Zulkifli menyebutkan pihaknya memproyeksi pertumbuhan kredit perseroan pada 2013 dapat mencapai 20% hingga 22%, dan DPK naik 15% sampai 17%. (msb)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Annisa Margrit

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top