Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LEMBAGA KEUANGAN MIKRO: OJK siap jadi regulator dan pengawas

JAKARTA-- Otoritas Jasa Keuangan siap melaksanakan mandat sebagai regulator dan pengawas bagi lembaga keuangan mikro.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 11 Desember 2012  |  21:05 WIB

JAKARTA-- Otoritas Jasa Keuangan siap melaksanakan mandat sebagai regulator dan pengawas bagi lembaga keuangan mikro.

Muliaman D. Hadad, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), mengatakan pihaknya sudah mendengar tentang pengesahan Undang-Undang Lembaga Keuangan Mikro (LKM).

Dalam Undang-undang tersebut dinyatakan pengaturan dan pengawasan bagi LKM diserahkan kepada OJK. “Akan kami laksanakan mandat tersebut dengan baik,” ujarnya kepada Bisnis Selasa (11/12/2012).

Menurut dia otoritas akan segera mempersiapkan mekanisme dalam pengaturan dan pengawasan LKM. Namun perlu ada persiapan internal OJK dan komunikasi dengan berbagai pihak terkait. “Beri waktu bagi kami untuk berkomunikasi dengan pihak terkait mengenai hal ini,” ujarnya.

Sebelumnya anggota Komisioner OJK Firdaus Djaelani pernah menyatakan bahwa pihaknya akan kesulitan mengawasi LKM karena berjumlah sangat banyak. Menurut dia, wewenang pengawasan sebaiknya diserahkan kepada pemerintah daerah.

“Kalau perlu diawasi oleh OJK, maka kami akan membuat standar pengawasan dan teknis pengawasan dilakukan pemerintah daerah. Kita bisa berdayakan dinas-dinas di daerah," ujarnya belum lama ini.

Undang-undang Lembaga Keuangan Mikro yang disahkan pada hari ini, Selasa (11/12), memberikan mandat kepada OJK dalam perizinan, pengaturan dan pengawasan.

Dalam Undang-undang yang telah dibahas sejak 2011 dinyatakan bahwa LKM harus mendapatkan izin dari OJK, sebelum menjalankan kegiatan usaha. Undang-undang tersebut juga mewajibkan OJK untuk membuat tata cara perizinan usaha bagi LKM. (msb)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Donald Banjarnahor dan Farodlilah Muqoddam

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top