Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BENCANA ALAM: 8.872 Rumah Di Barito Utara Kalteng Terendam Banjir

JAKARTA-Terdapat sedikitnya 8.872 unit rumah terendam banjir di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah sejak 3 Desember 2012 hingga saat ini.
Jessica Nova
Jessica Nova - Bisnis.com 10 Desember 2012  |  08:55 WIB

JAKARTA-Terdapat sedikitnya 8.872 unit rumah terendam banjir di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah sejak 3 Desember 2012 hingga saat ini.

Bahkan, banjir meluas sampai ke 6 kecamatan dari 9 kecamatan di Kab. Barito Utara dengan ketinggian hingga 2 meter dan ada juga yang ketinggian airnya hingga mencapai 4 meter.

Laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan ada sekitar 11 unit sekolah terendam, demikian juga 4 unit puskesmas pembantu, 5 masjid, 7 mushola, 1 gereja, 1 pastori dan 2.753 hektare sawah terendam.

“Bupati Barito Utara menyatakan status tanggap darurat dari 8-28 Desember 2012, karena air di beberapa wilayah terus meninggi,” kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB dalam keterangan pers, hari ini (10/12). (foto: ilustrasi Banjir)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barito Utara mendirikan posko tanggap darurat dan dapur umum untuk kepentingan para korban banjir.

Bantuan beras dan makanan dari pemerintah kabupaten, perusahaan dan masyarakat disalurkan, sedangkan Pemerintah Provisi Kalteng melalui BPBD setempat mengirim bantuan darurat berupa peralatan dapur, bantuan sandang dan selimut.

Untuk info selanjutnya tentang banjir tersebut, dapat menghubungi Guntur Pardede (Kepala Pelaksana BPBD Barito Utara) +6281351258163, dan Mugeni (Kepala Pelaksana BPBD Kalteng) 08115207599. (yus) 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : David Eka Issetiabudi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top