Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ISTAMBUL-- Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan  tanapa tedeng aling-aling mengecap  Israel sebagai negara teroris dalam melancarkan pembomannya ke Jalur Gaza, sehingga mempertegas permusuhan kepada bekas sekutu Ankara sejak hubungan antara keduanya berantakan pada 2010. 

Komentarnya dikeluarkan setelah hampir satu pekan serangan roket Palestina ke Israel dan serangan udara Israel ke Jalur Gaza. Satu rudal Israel menewaskan sedikitnya 11 warga sipil Palestina, termasuk empat anak kecil di Jalur Gaza pada  Minggu (18/11). 

"Mereka yang mengaitkan Islam dengan terorisme menutup mata mereka dalam menghadapi pembunuhan massal umat Muslim, memalingkan kepala mereka dari pembantaian anak-anak di Jalur Gaza," kata Erdogan dalam konferensi Dewan Islam Eropa-Asia di Istanbul, Turki, Senin (19/11) malam. 

"Untuk alasan ini, saya mengatakan bahwa Israel adalah negara teroris, dan tindakannya adalah tindakan teroris,"  tandasnya. 

Hubungan antara Israel dan Turki, yang pernah menjadi satu-satunya sekutu Muslim bagi Israel, hancur setelah marinir Israel menyerbu kapal bantuan pada 2010 untuk memberlakukan blokade laut atas Jalur Gaza, yang dikuasai Hamas. 

Sembilan warganegara Turki tewas dalam bentrokan personel komando Israel dengan pegiat di kapal tersebut. 

Ankara mengusir duta besar Israel dan membekukan kerja sama militer setelah satu laporan PBB mengenai peritiwa itu dikeluarkan pada September tahun lalu. Sebagian besar isi laporan tersebut membebaskan negara Yahudi. (Reuters/if)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Newswires

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper