Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ISRAEL MAKIN BRUTAL: PM Turki Cap Israel Negara Teroris

News Editor
News Editor - Bisnis.com 19 November 2012  |  22:55 WIB

ISTAMBUL-- Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan  tanapa tedeng aling-aling mengecap  Israel sebagai negara teroris dalam melancarkan pembomannya ke Jalur Gaza, sehingga mempertegas permusuhan kepada bekas sekutu Ankara sejak hubungan antara keduanya berantakan pada 2010. 

Komentarnya dikeluarkan setelah hampir satu pekan serangan roket Palestina ke Israel dan serangan udara Israel ke Jalur Gaza. Satu rudal Israel menewaskan sedikitnya 11 warga sipil Palestina, termasuk empat anak kecil di Jalur Gaza pada  Minggu (18/11). 

"Mereka yang mengaitkan Islam dengan terorisme menutup mata mereka dalam menghadapi pembunuhan massal umat Muslim, memalingkan kepala mereka dari pembantaian anak-anak di Jalur Gaza," kata Erdogan dalam konferensi Dewan Islam Eropa-Asia di Istanbul, Turki, Senin (19/11) malam. 

"Untuk alasan ini, saya mengatakan bahwa Israel adalah negara teroris, dan tindakannya adalah tindakan teroris,"  tandasnya. 

Hubungan antara Israel dan Turki, yang pernah menjadi satu-satunya sekutu Muslim bagi Israel, hancur setelah marinir Israel menyerbu kapal bantuan pada 2010 untuk memberlakukan blokade laut atas Jalur Gaza, yang dikuasai Hamas. 

Sembilan warganegara Turki tewas dalam bentrokan personel komando Israel dengan pegiat di kapal tersebut. 

Ankara mengusir duta besar Israel dan membekukan kerja sama militer setelah satu laporan PBB mengenai peritiwa itu dikeluarkan pada September tahun lalu. Sebagian besar isi laporan tersebut membebaskan negara Yahudi. (Reuters/if)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswires

Editor : Wan Ulfa Nur Zuhra

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top