Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KINERJA DILER MOBIL88: Pemasaran online dongkrak omset 30%

SURABAYA: Strategi pemasaran online melalui situs Tokobagus.com mendongkrak omset Mobil88, pusat jual beli mobil bekas di bawah menajemen Astra Group, hingga 30%.Senior Sales Officer Mobil88 Kenjeran Surabaya Guntoro Wiharjo mengatakan keikutsertaan

SURABAYA: Strategi pemasaran online melalui situs Tokobagus.com mendongkrak omset Mobil88, pusat jual beli mobil bekas di bawah menajemen Astra Group, hingga 30%.Senior Sales Officer Mobil88 Kenjeran Surabaya Guntoro Wiharjo mengatakan keikutsertaan Mobil88 menjadi member Tokobagus.com berdampak memperluas area pemasaran Mobil88 Surabaya yang selama ini hanya menjangkau Surabaya dan sekitarnya."Saat ini, Mobil88 dikenal di seluruh Jawa Timur bahkan di luar pulau. Dari awalnya sekedar tanya soal harga mobil yang dipajang, beberapa di antaranya melakukan transaksi dan mengunjungi showroom kami," katanya dalam keterangan resmi, Kamis (11/10).Meski baru sekitar 3 bulan menjadi anggota Tokobagus.com, sambungnya, omset Mobil88 telah naik hingga 30% pada periode Agustus dan September 2012.

"Makanya kami akan terus memaksimalkan penjualan dengan tetap menjadi member dan memasang iklan seluruh stok mobil yang dimiliki," jelasnya.Dengan kemudahan akses internet saat ini, menurutnya, strategi pemasaran secara online melalui situs e-commerce yang sudah terkenal seperti Tokobagus.com merupakan strategi yang sangat efektif untuk mempercepat perputaran dan penjualan mobil Mobil88."Awalnya hanya produk mobil Daihatsu yang kami pajang, tapi sekarang seluruh stok mobil yang ada di tiga showroom di Surabaya yaitu Jemursari, Mayjen Sungkono, dan Kenjeran, ditampilkan dalam iklan di Tokobagus.com," tuturnya.Di segmen sepeda motor, Ducati Motor Surabaya juga menggunakan strategi pemasaran online dalam rangka memerkenalkan produk-produk sepeda motornya yang umumnya dibandrol dengan harga selangit.Marketing Ducati Motor Jatim Priyo Lalono mengatakan selama ini pihaknya memajang tujuh varian sepeda motor di situs jual beli online Tokobagus.com."Tujuan utamanya lebih untuk mengenalkan produk sepeda motor Ducati kepada masyarakat luas. Segmen Ducati sendiri sangat khusus, sehingga tidak bisa diukur dari penjualan dalam kurun waktu tertentu," katanya.Menurutnya, Ducati Motor Surabaya sudah menjadi anggota Tokobagus.com sudah hampir 2 tahun. "Ada satu sepeda motor yang pernah terjual setelah calon pembeli melihat iklan di Tokobagus.com. Targetnya bisa disusul dengan transaksi sepeda motor yang lainnya," ujarnya.Berdasarkan data Google Analytics, Tokobagus.com mencatat kenaikan trafik pengunjung mencapai 500% persen untuk kanal otomotif di Jatim pada Juli 2012 dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2011. Public Relation Manager Tokobagus.com Ichwan Sitorus mengatakan minat masyarakat Jatim untuk memanfaatkan e-commerce khususnya melalui Tokobagus.com cenderung meningkat dari waktu ke waktu."Di Tokobagus.com ada sekitar 100.000 listing iklan mobil yang terupdate setiap harinya. Selain itu, ada sekitar 60.000 listing iklan sepeda motor berbagai tipe yang juga terpajang di channel otomotif," jelasnya.Menurutnya, Tokobagus.com memiliki jumlah listing iklan otomotif terbesar dibandingkan dengan kanal iklan lainnya. "Tiap bulannya rata-rata Tokobagus.com mengalami peningkatan iklan otomotif di Jatim hingga 70% sejak tahun lalu hingga memasuki semester II ini," ujarnya. (Bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper