Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KORUPSI PROYEK PU: Kadis PU Deli Serdang jadi tersangka

MEDAN: Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara berencana memulai pemeriksaan tersangka F, Kepala  Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Deli Serdang pada Jumat (1/6), atas dugaan korupsi proyek pemeliharaan jalan dan pembangunan jembatan senilai Rp168 miliar.Humas

MEDAN: Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara berencana memulai pemeriksaan tersangka F, Kepala  Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Deli Serdang pada Jumat (1/6), atas dugaan korupsi proyek pemeliharaan jalan dan pembangunan jembatan senilai Rp168 miliar.Humas Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Utara Marcos Simaremare di Medan, Kamis, mengatakan surat pemanggilan terhadap tersangka itu sudah dilayangkan institusi hukum tersebut pada Rabu (30/5) ke Kantor Bupati Deli Serdang."Pemeriksaan terhadap tersangka F dilakukan berkaitan dengan pengerjaan pemeliharaan jalan dan pembangunan jembatan di Kabupaten Deli Serdang yang menggunakan dana APBD 2010. Tersangka tersebut akan diperiksa tim Pidana Khusus Kejati Sumut," ujar Marcos, Kamis 31 Mei 2012.Dia mengatakan penetapan terhadap tersangka F berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan terhadap sejumlah saksi di Pemkab Deli Serdang. Penetapan tersangka, dilakukan berdasarkan hasil keterangan yang diperoleh tim penyidik Kejati Sumut.Bahkan, jelasnya, dengan ditetapkannya tersangka orang pertama di Dinas PU Deli Serdang itu, tidak tertutup kemungkinan jumlah tersangka akan bertambah. "Yaa, tunggu saja siapa calon tersangka lainnya," jelasnya.Sementara itu, dari hasil temuan penyidik Kejati Sumut, dari nilai proyek sebesar Rp168 miliar yang dikerjakan di Kabupaten Deli Serdang, yang terealisasi pembangunannya hanya senilai Rp80 miliar. Proyek yang setengah lagi diduga fiktif pengerjaannya.Data yang diperoleh Bisnis menyebutkan anggaran perbaikan dan pemeliharaan jalan termasuk jembatan di Deli Serdang hanya dialokasikan sekitar 15% dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Deli Serdang pada 2010 sebesar Rp1,3 triliun.Deli Serdang adalah satu dari 25 kabupaten  yang terdapat di Sumatra Utara. Deli Serdang juga menjadi lokasi bandara internasional baru Kuala Namu yang akan beroperasi Maret 2013. (Antara/Esu/Bsi)

 

BERITA LAINNYA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Newsroom

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper