Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PENGEMBANGAN KOTA: Proyek Kota Baru Maja direalisasikan

 
Deriz Syarief
Deriz Syarief - Bisnis.com 22 Mei 2012  |  14:38 WIB

 

JAKARTA: Kementerian Perumahan Rakyat diminta segera merealisasikan proyek pembangunan Kota Baru Maja yang sudah terlantar dan tertunda akibat krisis ekonomi pada 1998 hingga sekarang itu.

 

Direktur Indonesia Property Watch (IPW) Ali Trangandha menilai Kemenpera yang saat ini memfokuskan tema pengembangan Kota Baru Maja menjadi kota industri sudah tepat karena salah satu motor penggerak sebuah kota adalah industri.

 

"Yang penting konsep sebagus apapun harus segera direalisasikan, kalau tema pengembangan berubah-ubah terus kapan selesainya. Secara lokasi Kota Baru Maja bisa menjadi sebuah kota yang baik bila dikembangkan serius," kata Ali kepada Bisnis, hari ini, Selasa, 22 Mei 2012.

 

Dia menjelaskan sebagai sebuah kota harus didukung oleh semua aspek termasuk pendidikan, pariwisata, dan industri. Karena itu, lanjutnya, Kota Baru Maja perlu dikonsepkan dengan benar terlebih dahulu.

 

"Tata ruang Kota Baru Maja harus direncanakan terlebih dahulu meskipun secara garis besar. Jangan sampai tanpa perencanaan kawasan asal dibangun karena lebih sulit membenahi kota bila sudah salah perencanaan," imbuhnya.

Setelah konsep pengembangan Kota Baru Maja diterjemahkan dalam tata ruang yang ada, kata Ali, Kemenpera juga perlu menggandeng keikutsertaan konsorsium pengembang karena pemerintah tidak bisa bekerja sendiri.

 

"Semua stakeholder termasuk Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian. Jadikan program itu menjadi program nasional bukan program Kemenpera semata," paparnya. 

 

Hazadin Tende Sitepu,Deputi Bidang Pengembangan Kawasan Kemenpera mengatakan Kemenpera telah menyelesaikan masterplannya seluas 1.200 hektare dan detail engineering design (ded) seluas 200 hektare dari rencana awal pengembangan Kota Baru Maja seluas 10.900 hektare.

 

“Mengingat terbatasnya lahan, kami membuat masterplan detailnya seluas 1.200 hektare dan ded 200 hektare, ded ini yang akan dibangun terlebih dahulu oleh Perum Perumnas,” katanya, beberapa waktu lalu.

 

Dia menuturkan selain Kota Baru Maja, pada tahun ini Kemenpera juga mulai merencanakan pembangunan kota baru di Karawang, Bandung, Palembang, Medan, Balikpapan, dan Gresik.(msb)

 

BERITA FINANSIAL PILIHAN REDAKSI:

  • TOPIK AKTUAL PILIHAN REDAKSI:

ENGLISH NEWS:

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Siti Nuraisyah Dewi

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top