Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KANDIDAT CAPRES 2014: Ini dia kata Mahfud MD soal pencalonannya

JAKARTA: Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengatakan akan menjawab pertanyaan soal kesediaannya menjadi calon presiden pada 2013 saat ia sudah tak menjabat lagi menjadi hakim.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 22 Mei 2012  |  23:40 WIB

JAKARTA: Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengatakan akan menjawab pertanyaan soal kesediaannya menjadi calon presiden pada 2013 saat ia sudah tak menjabat lagi menjadi hakim.

 

"Hakim konstitusi itu dilarang bicara prospek politik bagi dirinya sendiri, itu melanggar etika, melanggar sumpah. Oleh sebab itu jawabannya nanti saja, 2013," kata Mahfud usai konferensi pers mengenai seminar yang akan digelar Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (IKA UII) di Jakarta, Selasa 22 Mei 2012.

 

Namun, ia mengatakan wacana pencalonan presiden terhadap dirinya merupakan suatu bentuk apresiasi dan secara politis membuka kesempatan bagi masyarakat untuk memilih alternatif-alternatif baru mengenai figur pemimpin nasional.

 

Menurut Mahfud, figur pemimpin nasional yang ideal bukan sekadar politisi tetapi juga seorang negarawan. "Seorang politisi belum tentu seorang negarawan, tetapi negarawan bisa jadi politisi.”

 

Dia mengatakan seorang negarawan bisa dilihat dari kriteria moralitas dan integritas yang tinggi, bukan sekadar popularitas, elektabilitas dan "acceptability" atau penerimaan.

 

"Tiga kriteria terakhir itu sekarang bisa dibeli lewat pencitraan atau survei, tetapi moralitas dan integritas merupakan jati diri seseorang," katanya.

 

Oleh karena itu, Mahfud menambahkan tantangan terbesar bangsa ini adalah melahirkan negarawan-negarawan baru untuk duduk di pemerintahan yang saat ini didominasi oleh politisi.

 

"Jadi karena itulah saat ini ami perlu bicara soal sosok negarawan," katanya menyinggung tema seminar yang diusung IKA UII, yakni "Merindukan Negarawan".

 

Seminar tersebut akan diselenggarakan pada Kamis (24/5) di Hotel Grand Melia, Jakarta, dengan pembicara Mahfud MD, Anis Baswedan.

 

Kemudian Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu, dan James Riady serta Megawati Soekarnoputri sebagai pembicara kunci. (Antara/Bsi)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : Puput Jumantirawan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top