Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IPO FACEBOOK salah satu yang terbesar di dunia

NEW YORK: Penawaran umum perdana (IPO) Facebook Inc. merupakan penawaran saham perdana terbesar yang pernah ada di dunia. 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 18 Mei 2012  |  20:30 WIB

NEW YORK: Penawaran umum perdana (IPO) Facebook Inc. merupakan penawaran saham perdana terbesar yang pernah ada di dunia. 

 
Media sosial online terbesar di dunia itu meraup paling tidak US$16 miliar bagi perseroan dan pemegang saham awalnya.
 
Transaksi senilai US$104 miliar bagai durian runtuh bagi perseroan, yang didirikan 8 tahun yang lalu tanpa niat untuk menghasilkan uang. Saham Facebook yang berkode FB ini dihargai US$38 per saham.
 
Kapitalisasi pasar saham perdana Facebook melampaui Amazon.com dan perusahaan terkenal lainnya seperti Kraft, Disney, dan McDonald’s. Saham Facebook dicatatkan di Nasdaq Stock Market pada Kamis lalu.
 
Pemodal ritel dapat memperdagangkannya mulai kemarin pagi. IPO Facebook adalah puncak dari serangkaian IPO perusahaan internet yang dimulai pada Mei lalau dengan Linkedln Corp. Facebook kini telah memiliki 900 juta pemilik akun di seluruh dunia yang saling berbagi berbagai hal mulai dari foto hewan peliharaannya hingga ide-ide serius.
 
“Mereka bisa saja menjadi perusahaan publik pada 2009 dengan harga yang lebih rendah. Mereka menunggu hingga kalau IPO-nya bisa menjadi penawaran yang sangat besar,” ujar Nick Einhorn, seorang analis riset dari lembaga penasehat IPO, Renaissance Capital, seperti dikutip AP. (sut)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire / Ahmad Puja Rahman Altiar

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top