Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HARGA RUMAH tipe besar naik paling tinggi

JAKARTA: Pertumbuhan harga rumah tipe besar atau mewah pada semester I/2012 pada 14 kota besar yang disurvei Bank Indonesia tertinggi diantara tipe perumahan lainnya.Berdasarkan survei Bank Indonesia (BI) bertajuk "perkembangan properti komersial
Deriz Syarief
Deriz Syarief - Bisnis.com 17 Mei 2012  |  19:01 WIB

JAKARTA: Pertumbuhan harga rumah tipe besar atau mewah pada semester I/2012 pada 14 kota besar yang disurvei Bank Indonesia tertinggi diantara tipe perumahan lainnya.Berdasarkan survei Bank Indonesia (BI) bertajuk "perkembangan properti komersial triwulan I/2012" dijelaskan berdasarkan hasil survei peningkatan harga terjadi pada seluruh tipe dengan kenaikan harga tertinggi terjadi pada rumah tipe besar.

"Harga rumah tipe besar pada kuartal pertama tahun ini naik 0,9% dibandingkan dengan kuartal IV/2011. Sepanjang kuartal pertama tahun ini Padang mengalami kenaikan harga rumah tipe besar sebesar 3,09% dan Palembang sebesar 3,31%," demikian seperti dikutip dari survei BI, Kamis 17 Mei 2012.

Survei tersebut mengungkapkan harga properti residensial untuk semua tipe rumah pada triwulan pertama tahun ini meningkat meskipun dengan peningkatan yang lebih lambat yakni 0,82% lebih rendah dibanding kenaikan pada triwulan sebelumnya 1,15%.

Dalam survei BI disebutkan kenaikan harga bangunan, tingginya suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR), sulitnya perijinan/birokrasi, dan tingginya pajak merupakan beberapa faktor hambatan bisnis properti.

Mulya E. Siregar, Direktur Eksekutif Departemen Penelitian dan Pengaturan Perbankan Bank Indonesia mengatakan kredit untuk kepemilikan rumah tinggal tipe lebih dari 70 m2 atau rumah tipe besar dari Maret 2011 hingga Maret 2012 tumbuh paling tinggi dibanding tipe dibawahnya yakni mencapai Rp18 triliun.

"Mayoritas KPR ditujukan untuk KPR tipe 22 m2 sampai dengan 70 m2, kemudian KPR untuk tipe di atas 70 m2. Tetapi dari sisi pertumbuhan nominal, KPR tipe di atas 70 m2 tumbuh paling tinggi," katanya.  (ra)

 

BACA JUGA:

Dolar AS Keok Di Pasar Asia

HARGA EMAS Naik 1,93 Sen Dolar/Gram

EDITORIAL BISNIS: Kasus Korupsi Jangan Tertutup Karena Musibah Sukhoi

GAGALNYA LADY GAGA: Sold Out Dulu Baru Izin…?

BLACK BOX SUKHOI: Ini Rute Perjalanan Panjang Kotak Hitam Setelah Ditemukan

FINAL LIGA CHAMPIONS: Ujian Terberat DI MATTEO

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Basilius Triharyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top