Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SERANG disiapkan sebagai kota transit Jawa-Sumatra

JAKARTA: Wali Kota Serang Tubagus Haerul Jaman tengah mempersiapkan Serang sebagai kota transit antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera, dengan dibangunnya Jembatan Selat Sunda.Serang akan menjadi kota terdekat dengan jembatan itu di Pulau Jawa,

JAKARTA: Wali Kota Serang Tubagus Haerul Jaman tengah mempersiapkan Serang sebagai kota transit antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera, dengan dibangunnya Jembatan Selat Sunda."Serang akan menjadi kota terdekat dengan jembatan itu di Pulau Jawa," ujarnya kepada Bisnis di sela-sela acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) 2012, di Jakarta, 16 Mei.Untuk itu, ibukota Provinsi Banten tersebut sedang mempersiapkan berbagai infrastruktur pendukung. Pemerintah kota Serang berencana merevitalisasi Pelabuhan Karangantu menjadi pelabuhan perikanan Nusantara, memperbaiki dan membangun akses jalan, serta menggiatkan sektor ritel dengan investasi dari dalam dan luar negeri.Sektor ritel di kota itu mulai tumbuh dengan masuknya beberapa jaringan ritel asing, seperti Lotte dan Giant."Serang tidak hanya diproyeksikan sebagai kota perdagangan dan jasa, tetapi juga mulai tumbuh di sektor pariwisata," terang Tubagus. Dia menuturkan kota itu rencananya menjadi salah satu waterfront city atau kota pelabuhan.Beberapa pengembang juga sedang menyiapkan pembangunan hotel berbintang di Serang. Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai sekitar Rp 38 miliar tahun lalu, dengan sebagian besar berasal dari sektor perdagangan dan jasa.Ketua DPRD Provinsi Banten Aeng Khaerudin mengakui jembatan Selat Sunda akan mendorong pertumbuhan ekonomi daerahnya. "Tidak hanya di sektor industri, perdagangan, dan jasa, tetapi juga pariwisata," jelasnya.Saat ini, Banten sedang mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung. (16/Bsi)

 

JANGAN LEWATKAN:

>>> 5 KANAL TERPOPULER BISNIS.COM

>>> 8 ENTREPRENEUR YANG MENGINSPIRASI

>>> 10 ARTIKEL MOST VIEWED BISNIS.COM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Annisa Margrit

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper