Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 tanda KECANDUAN FACEBOOK, apakah Anda termasuk?

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 10 Mei 2012  |  08:43 WIB

 

JAKARTA: Peneliti dari Universitas Bergen, Norwegia, telah mengidentifikasi enam tanda yang menunjukkan seseorang kemungkinan kecanduan Facebook.

 

Peneliti melakukan tes yang disebut Bergen Facebook Addiction Scale terhadap 423 siswa untuk membantu mengetahui apakah seseorang mengalami kecanduan terhadap media sosial tersebut.

 

Hasil penelitian menunjukkan enam tanda seseorang kecanduan yakni, menghabiskan banyak waktu untuk berpikir tentang Facebook atau rencana menggunakan Facebook, merasa harus menggunakan terus menerus, dan menggunakan Facebook untuk melupakan persoalan pribadi.

 

Selain itu adalah merasa gelisah dan kacau jika dilarang menggunakan Facebook, berusaha mengurangi penggunaannya tapi tidak berhasil, dan menggunakan Facebook terlalu banyak hingga berdampak negatif pada pekerjaan atau studi.

 

"Penggunaan Facebook telah meningkat pesat. Kami berhadapan dengan bagian dari kecanduan internet yang terhubung ke media sosial," kata Cecilie Schou Andreassen, yang memimpin penelitian tersebut.

 

Kecanduan ini lebih banyak terlihat diantara kaum muda. Melalui penelitian ini juga ditemukan orang yang cemas dan merasa tidak aman secara sosial menggunakan Facebook lebih banyak, kemungkinan karena mereka merasa lebih mudah untuk berkomunikasi melalui media sosial daripada bertatap muka.

 

"Perempuan lebih berisiko mengalami kecanduan Facebook, mungkin karena sifat sosial dari Facebook," kata Andreassen seperti yang dikutip dari laman livescience.

 

Selain itu, penelitian ini memperlihatkan orang yang terorganisir dan lebih ambisius cenderung tidak kecanduan Facebook. Mereka menggunakan media sosial sebagai bagian integral dari pekerjaan dan jaringan.

 

Hasil penelitian tentang kecanduan Facebook ini telah dipublikasikan di jurnal Psychological Reports. (Antara/ea)

 

+ JANGAN LEWATKAN:

> 10 ARTIKEL PILIHAN Hari Ini

> 5 Kanal TERPOPULER Bisnis.com

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswires

Editor : Marissa Saraswati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top