Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KAMPOENG SEMARANG ajak pelaku UMKM angkat kesenian lokal

 
Reporter 1
Reporter 1 - Bisnis.com 08 Mei 2012  |  20:05 WIB

 

SEMARANG: Kampoeng Semarang, mengajak para pelaku usaha mikro kecil menengah untuk memanfaatkan peluang  memajukan produk kerajinan dan makanan/jajanan khas Ibu Kota Jateng kepada pada wisatawan.
 
Wenny Sulistiyowati, owner PT WeBe Inter Tirzada, produsen tas etnis berbahan alami  merk WeBe, mengatakan dirinya membuka pusat belanja oleh-oleh lengkap ini untuk mengangkat produk para perajin Kota Semarang. Di menjual berbagai produk kerajinan tangan asli Semarang, dari berbagai perajin. 
 
"Banyak kerajinan asli Semarang yang belum dikenal atau mulai dilupakan orang, saya coba untuk mengingatkan kembali bahwa kota ini memiliki produk khas yang potensial untuk dikembangkan," katanya pada jumpa pers menjelang peresmian pusat  oleh-oleh dan souvenir Kampoeng Semarang, kemarin.
 
Wenny mengatakan ide mengagas satu konsep one stop leisure bermula dari keluhan wisatawan yang berkunjung ke Kota Semarang. Mereka kalau mau pulang sulit mendapatkan oleh-oleh yang lengkap karena lokasi pedagangnya berjauhan.
 
Dia menyebutkan konsep pembangunan galeri Kampoeng Semarang adalah pengunjung tidak sekedar berbelanja melainkan juga menikmati suasana yang homy dalam sentuhan modern.
 
Teguh Imam Prasetyo, General Manager, Kampoeng Semarang mengatakan komplek bangunan menempati lokasi strategis di atas areal seluas 4.000 meter persegi, di jalan Raya Kaligawe Semarang.
 
"Untuk mengantisipasi kunjungan wisatawan kami sudah menyiapkan areal parkir yang cukup untuk menampung sepuluh  bus,” katanya.
 
Sebagai pengelola Kampoeng Semarang dan sebagai salah satu stakeholder kepariwisataan, mereka  berkeinginan untuk berpartisipasi dalam pengembangan kepariwisataan di kota Semarang khususnya, dan Jawa Tengah pada umumnya.
 
Dia berharap kehadiran Kampoeng Semarang dapat menjadi salah satu daerah tujuan wisata kreatif, karena pemilik Kampoeng Semarang, Wenny Sulistiyowati berjanji akan menyajikan karya kreatif sebagai potensi Semarang dan Jawa Tengah. 
 
Kampoeng Semarang diharapkan bisa menjadi nilai tambah bagi industri kepariwisataan Kota Semarang dan Jawa Tengahk, serta menunjang keberhasilan Ayo Wisata Ke Semarang dan Visit Jawa Tengah 2013.
 
Pemilik PT WeBe Inter Tirzada yang telah menangani bisnis ekspor barang-barang natural, khususnya tas eceng gondok dan lain-lain berpikir bahwa dengan orang berkunjung ke satu tempat akan mendapatkan oleh-oleh khas Semarang. 
 
Oleh karenanya diajaklah relasi yang telah mendahului di bidang oleh-oleh khas Semarang meramaikan Kampoeng Semarang. Mulai dari pelaku usaha oleh-oleh atau souvenir tingkat UKM sampai mereka yang berskala industri.
 
Kampoeng Semarang dilengkapi dengan stand WeBe Fashion Bags, Gallery Batik, Pusat Souvenir. Pusat Oleh-oleh, Resto&Cafe, Gallery Kids, Homeware, Meeting Room, Tourism Information, dan Playground. (sut)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top