Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENJUALAN DANAREKSA & BAHANA: Opsi pengembangan dijajaki

JAKARTA: Kementerian BUMN sedang menjajaki sejumlah opsi untuk pengembangan bisnis BUMN sekuritas, baik berupa penggabungan usaha (merger), pembentukkan induk usaha atau akuisisi oleh perusahaan lain.Deputi Bidang Usaha Jasa Kementerian BUMN Parikesit

JAKARTA: Kementerian BUMN sedang menjajaki sejumlah opsi untuk pengembangan bisnis BUMN sekuritas, baik berupa penggabungan usaha (merger), pembentukkan induk usaha atau akuisisi oleh perusahaan lain.Deputi Bidang Usaha Jasa Kementerian BUMN Parikesit Suprapto menyebutkan opsi lain yang juga dijajaki adalah tetap berdiri sendiri (stand alone) tetapi dengan penambahan modal dari pemerintah.Dia mengatakan pengkajian itu dilakukan untuk memperkuat modal sekuritas BUMN yang diharapkan berdampak pada peningkatan kinerja usaha.“Sekarang masih kajian awal. Bisa saja demerger, bentuk holding, privatisasi atau akuisisi, atau mungkin tetap stand alone tapi ada tambahan modal dari pemerintah. Intinya bagaimana membesarkan sekuritas BUMN kedepannya,” ujarnya, Jumat, 13 April 2012.Untuk akuisisi, lanjut dia, memang diharapkan bisa dilakukan dengan sesama BUMN. Namun, Parikesit mengatakan saat ini sudah ada swasta yang berminat mengakuisisi sekuritas BUMN.Parikesit menilai dari sisi permodalan untuk saat ini, ada dua sekuritas BUMN yang butuh penguatan modal yakni Bahana Securities dan Danareksa Sekuritas.Adapun dua sekuritas lainnya yakni Mandiri Sekuritas dan BNI Securities masih dapat ditolong oleh induk usahanya, PT Bank Mandiri Tbk dan PT Bank Negara Indonesia Tbk.“Peminat sudah ada, dari BUMN dan swasta, baik asing maupun lokal. Mereka sudah datang dan mengajukan proposal. Itu membuktikan bahwa sekuritas BUMN kita kan bagus," klatanya"Tapi kami masih dalam tahap kajian-kajian awal, jadi belum ada keputusan. Kalaupun akuisisi, kami akan pertahankan mayoritas,” jelasnya. (Bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Teguh Purwanto

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper