Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

JAKARTA: Persiapan untuk pelaksanaan demo atau atraksi udara terus dimatangkan menjelang puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) TNI Angkatan Udara ke-66 pada 9 April 2012, melibatkan 64 unit pesawat terbang dari berbagai jenis.

 

Persiapan tidak saja di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, tempat acara dipusatkan, tapi juga di Lanud pendukung, seperti Husein Sastranegara, Bandung.

 

Proses persiapan sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu, baik di tempat gladi terpusat maupun pendukung, dan hari Sabtu (7 April) akan digelar gladi bersih terpusat untuk atraksi pada Senin (9 April).

 

Kaurpenpasum Pentak Lanud Husein Sastranegara Lettu Sus Dani Kusdani, melalui pesan elektronik di Jakarta, Jumat mengatakan, dalam rangka persiapan demo udara HUT TNI Angkatan Udara ke-66, Lanud Husein Sastranegara mendukung kegiatan gladi demo udara.

 

Gladi dipimpin Langsung Komandan Lanud Husein Sastranegara Kolonel Penerbang Umar Sugeng Hariyono.

 

Kegiatan itu melibatkan beberapa tipe pesawat TNI Angkatan Udara seperti, sepuluh pesawat C-130 Hercules, tiga pesawat Boeing-737, CN-235, dan Casa-212. Setiap personel dipesan untuk memperhatikan keselamatan terbang dan kerja.

 

"Latihan hari ini harus lebih baik dari hari sebelumnya agar dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik," ujarnya.

 

Selain itu, juga telah dilakukan survei rute jelang pelaksanaan gladi terpusat di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

 

Survei dilakukan Asisten Operasi Panglima Koopsau I Kolonel Pnb Ismed dengan menggunakan pesawat Helikopter EC-120 B Colibri HL-1205 dari Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma, Kalijati, Subang, Jawa Barat.

 

Pesawat diterbangkan Captain-Pilot Lettu Pnb Antonius dan Co-Pilot Lettu Pnb Nodhi Bayu. Pesawat ini dipilih karena memiliki kelebihan yang bisa mendukung kegiatan survei.

 

Captain-Pilot Lettu Pnb Antonius mengatakan Pesawat Heli Colibri memiliki kelebihan tersendiri, dengan bentuk dan keunikan ini para awak pesawat memiliki jangkauan pandangan yang lebih jauh dibandingkan dengan jenis pesawat lainnya.

 

Penerbangan itu selain untuk pengecekan rute, juga untuk holding dan check point. Kegiatan juga diikuti Letkol Pnb Yani Amirullah selaku Staf koordinator Demo Udara pada peringatan HUT TNI Angkatan Udara kali ini.(Antara/ea)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Newswires

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper