Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KOMPUTER TABLET: Pasar domestik terus tumbuh

JAKARTA: Pasar komputer tablet di Indonesia diperkirakan akan semakin meningkat seiring beralihnya pengguna smartphone dan netbook ke perangkat ini.Selain itu, beberapa vendor lokal telah memroduksi tablet berharga terjangkau.Pasar tablet PC di

JAKARTA: Pasar komputer tablet di Indonesia diperkirakan akan semakin meningkat seiring beralihnya pengguna smartphone dan netbook ke perangkat ini.Selain itu, beberapa vendor lokal telah memroduksi tablet berharga terjangkau."Pasar tablet PC di Indonesia terus menunjukkan tren peningkatan karena konsumen 'smartphone' dan netbook akan berpindah pada perangkat yang lebih praktis seperti tablet PC," kata Ketua Komite Perangkat dan Jasa Informatika Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Suhanda Wijaya di Jakarta, Senin.Tahun lalu, pertumbuhan komputer di Indonesia mencapai 6 juta dengan 1 juta unitnya disumbangkan oleh tablet PC Menurutnya, pasar tablet PC di Indonesia terbagi dua, yaitu kalangan menengah ke atas serta kalangan menengah ke bawah. Spesifikasi yang ditawarkan vendor juga sesuai dengan kebutuhan masyarakat."Untuk kalangan menengah ke atas dapat membeli tablet PC dari Samsung atau iPad dari Apple dengan harga yang tinggi. Sedangkan kalangan menengah ke bawah dapat membeli tablet PC dari vendor lokal seperti Nexian," paparnya.Berdasarkan data Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo), pasar komputer tablet di Indonesia diprediksi terus bertumbuh secara signifikan. Tahun ini pasar komputer tablet dapat tumbuh hingga 100 persen dari tahun lalu, mencapai 400.000 hingga 500.000 unit.Artinya, pasar komputer tablet bisa mencapai 7,6% sampai dengan 8,3% dari estimasi total pasar komputer tahun ini yang sebesar 6-6,5 juta unit. Pada 2011, pasar komputer tablet di Indonesia mencapai 5% atau sekitar 250.000 unit dari total pasar komputer Indonesia yang mencapai 5 juta unit.Besaran pasar komputer tablet di Indonesia bergantung pada pasar komputer tablet murah di harga 200 dolar AS sampai dengan US$300  per unit. Pasar komputer tablet otomatis meningkat apabila komputer tablet murah tersebut diterima oleh konsumen. (Antara/arh) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper