Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ada produk kreatif di Pameran Inovasi

 
Adhitya Noviardi
Adhitya Noviardi - Bisnis.com 18 November 2011  |  12:41 WIB

 

JAKARTA: BPPT bekerja sama dengan sejumlah instansi menggelar hasil karya inovasi di dalam pusat perbelanjaan. 
 
Pameran Inovasi Indonesia yang baru pertama kali diselenggarakan itu berlangsung di Terra Atrium Central Park Jakarta 16-20 November.
 
Pameran tersebut menghadirkan sedikitnya 14 stand yang memamerkan kreasi inovasi produk dari teknologi canggih itu. Salah satunya kursi roda yang bisa digerakkan dengan kepala (head controller wheelchair) ciptaan Raymon, salah seorang finalis inovasi dari Politeknik Caltex, Rumbai, Riau.
 
Kursi roda yang berharga sekitar Rp7 juta itu diperuntukkan bagi mereka yang menderita stroke, dan lumpuh yang tidak bisa menggerakkan kaki dan tangannya sehingga untuk bergerak di dalam ruangan bisa dengan duduk di kursi roda dan menjalankan kursi lewat topi di kepala yang dipasangi alat khusus dan menyambung ke kursi.
 
Idwan Soehardi, Deputi Bidang Pendayagunaan Iptek Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), mengatakan inovasi Indonesia masih berupa embrio, masih perlu mendapat sentuhan masif untuk terus didesiminasikan ke masyarakat.
 
Menurut dia, teknologi digunakan untuk mengubah dari invensi menjadi inovasi masih harus melalui beberapa proses agar produk tersebut bisa masuk ke pasar lokal dan internasional. 
 
“Pengembangan inovasi hingga mampu menciptakan kebutuhan yang aplikatif masih memerlukan kerja keras pelaku inovasi,” ujarnya tadi malam di Jakarta.
 
Dalam pameran ini BPPT mengajak 6 kementerian dan 4 institusi, serta universitas bekerjasama. Kegiatannya selain pameran ada workshop dan technopreneurship camp, yang bertujuan sebagai penguatan sistem inovasi. 
 
Kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya pemberian penghargaan sebagai apresiasi kepada mereka yang memiliki banyak jasa dan peran dalam memperkuat Sistem Inovasi Nasional (SIN), di tingkat daerah dengan menghasilkan produk-produk yang berinovasi.
 
Sementara itu acara puncak Inovasi Indonesia Award 2011 berupa pemberian penghargaan kepada mereka yang memiliki inovasi bagus, dilakukan 30 November di kantor BPPT Jakarta.
 
Ada beberapa kategori penghargaan yang diberikan pada apresiasi Inovasi Indonesia ini, antara lain Innovating Regions Awards, Innovation Leadership Awards, Greennovation Awards dan Technopreneurship Awards. (arh)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Annisa Lestari Ciptaningtyas

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top