Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asean belum satu suara soal Trans Pasific Partnership

NUSA DUA, Bali: Negara-negara anggota Asean belum menyatukan suara dalam menyikapi kemitraan di antara negara-negara Trans Pasifik (Trans Pasific Partnership/TPP).“Kami tidak bicara itu,” ujar Menteri Perekonomian Hatta Radjasa kepada wartawan

NUSA DUA, Bali: Negara-negara anggota Asean belum menyatukan suara dalam menyikapi kemitraan di antara negara-negara Trans Pasifik (Trans Pasific Partnership/TPP).“Kami tidak bicara itu,” ujar Menteri Perekonomian Hatta Radjasa kepada wartawan usai pertemuan ke-6 Asean Economic Community (AEC) Council, sore ini.Kendati tidak dibahas, Hatta menegaskan fokus Asean saat ini adalah memperkuat ekonomi kawasan dengan mitra FTA yang telah ada.Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan Presiden Amerika Serikat Barack Obama memang mengangkat TPP sebagai isu utama dalam APEC di Honolulu baru-baru ini.TPP tersebut diprakarsai oleh sembilan negara. Empat negara di antaranya merupakan negara anggota Asean.Dari pihak Indonesia, Gita menegaskan pihaknya sudah menyampaikan posisi bahwa Indonesia belum siap melebur dalam kerjasama itu.Indonesia, menurut dia, belum mengukur dan menilai apakah partisipasi dalam dialog tersebut akan membuahkan keberuntungan. "Tentu ini butuh waktu."Gita juga mengatakan rangkaian pertemuan hari ini juga tidak membicarakan pembentukan FTA baru dengan dialog partner ataupun pengembangan FTA ke depan. "Belum ada pembicaraan ke situ." (23/Bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tusrisep

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper