Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Auto 2000 bidik penguasaan 60% pangsa pasar di Malang

MALANG: Auto 2000 Malang menargetkan market share MPV Low Private sebesar 60% pada 2012 diluncurkan produk All New Avanza dan All new Avanza Veloz.Kepala Cabang Auto 2000 Malang Sukun M. Daya Prastya, mengatakan saat ini market share Avanza pada penjualan

MALANG: Auto 2000 Malang menargetkan market share MPV Low Private sebesar 60% pada 2012 diluncurkan produk All New Avanza dan All new Avanza Veloz.Kepala Cabang Auto 2000 Malang Sukun M. Daya Prastya, mengatakan saat ini market share Avanza pada penjualan mobil MPV Low Private baru 51%, lebih rendah dari nasional yang mencapai 57%."Kontribusi Avanza pada penjualan mobil Toyota di Malang proporsinya 57%, baru disusul Inova 15%, truk Dyna, kendaraan sedan, dan jeep," kata M. Daya Prastya di Malang, hari ini.Peminat All New Avanza dan All New Avanza Velos, kata dia, sangat tinggi. Sampai saat ini pemesanan sudah mencapai 200 unit, padahal produk tersebut baru diluncurkan di Jakarta.Target penjualan mobil tipe tersebut, kata dia, mencapai 280 unit per bulannya. Melihat animo masyarakat terhadap mobil tipe tersebut, maka target tersebut diproyeksikan bisa tercapai.Kepala Cabang Auto 2000 Malang Sutoyo Rudy Kristanto, menambahkan target market share 60% pada 2012 itu optimistis bisa tercapai. Bahkan Gaikindo menargetkan penjualan mobil pada 2012 bisa mencapai 1 juta unit yang mengindikasikan penjualan mobil masih tumbuh tinggi.M. Prastya menambahkan, krisis ekonomi Eropa diprediksikan tidak terlalu berpengaruh pada kondisi ekonomi nasional. Pasalnya cadangan devisa Indonesia masih tinggi. Lagi pula daya beli masyarakat juga masih bagus. Tingkat konsumsi masih tinggi.Ketentuan mengenai pajak progresif bagi pemilikan mobil lebih dari satu, kata dia, mulanya menjadikan pasar mobil sempat mandek. Namun kondisi saat ini sudah normal kembali.Apalagi dengan adanya penurunan SBI, maka diproyeksikan semakin mendorong masyarakat meningkatkan konsumsi dengan membeli mobil karena bunga kredit yang relatif murah. Leasing-leasing terus bertumbuh sehingga memudahkan konsumen mendapatkan pembiayaan pembelian mobil.Sampai saat ini, Auto 2000 Malang dan  satu diler Toyota berhasil menjual 2.105 unit, sedang realisasi penjualan Avanza sampai akhir 2010 mencapai 2.280 unit. Dengan demikian, kata Daya, penjualan Avanza pada 2012 diproyeksikan bisa melampui penjualan mobil merek yang sama pada 2011.Sampai dengan Oktober Auto 2000 dan Diler Toyota Malang berhasil menjual 3.699 unit mobil dan kontribusi Avanza sebesar 57%. "Kami bisa menjual mobil sebanyak itu karena selain brand image kuat di masyarakat,  spesifikasi teknis mesin Avanza dengan teknologi VTT-i memberikan nilai tambah bagi kastemer yang ditunjukkan pemakaian bahan yang hemat dan handal seta bagus harga jual kembalinya," kata Daya.Karena itulah, muncul produk-produk mobil dengan harga lebih murah seperti produk asal China maupun lainnya, tidak menjadi ancaman Avanza. Penyebabnya, masing-masing mempunyai pangsa pasar sendiri-sendiri.Sales Supervisor Auto 2000 Malang Sutoyo, mengatakan harga mobil All New Avanza dan All Avanza Veloz lebih tinggi Rp6 juta-Rp7 juta per unit bila dibandingkan seri sebelumnya, namun diimbangi peningkatan kualitas produk  baik dari sisi desain, interior, mesin, dan lainnya.(faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Dara Aziliya
Sumber : Choirul Anam

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper