Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

OKI perangi polio

 
Adhitya Noviardi
Adhitya Noviardi - Bisnis.com 30 September 2011  |  10:00 WIB

 

JAKARTA: Kerjasama antar negara Organisasi Konferensi Islam  (OKI) dalam eradikasi (pembasmian) polio harus terus digalakkan untuk menuju dunia bebas polio dan juga menjaga komitmen yang tinggi untuk mengatasinya.
 
"Selain itu peran penting imunisasi polio, dan juga perlunya terus dilakukan surveilans AFP (acute flaccid paralysis)," kata Tjandra Yoga Aditama, Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan, dalam surat elektroniknya kepada Bisnis hari ini.
 
Tjandra yang saat ini berada di Astana, Ibukota Republik Kazakhstan, tengah mengikuti Third Islamic Conference on Minister of Health. 
 
"Dalam pertemuan tersebut, saya dipilih menjadi chairman pada diskusi panel tentang eradikasi polio di dunia," ujarnya.
 
Indonesia dipilih menjadi chairman pada topik ini, katanya, a.l karena dinilai telah berhasil mengendalikan kasus polio impor terakhir pada 2005 lalu, yang bisa diatasi dalam waktu sekitar 1 tahun. Selain itu, BUMN Indonesia (PT Biofarma) adalah salah satu produsen vaksin polio terbesar di dunia.
 
Pembicara pada panel diskusi ini adalah dari WHO, UNICEF, SESRIC dan Bill & Melinda Gates Foundation. Negara yang menanggapi meliputi Mozambique, Bangladesh, Kamerun, dan Saudi Arabia. 
 
"Kesimpulan yang saya paparkan pada akhir panel diskusi ini adalah perlunya terus dijaga komitmen yang tinggi dari setiap negara dalam eradikasi polio, dan peran penting imunisasi polio, serta perlunya terus dilakukan surveilans AFP," ungkapnya. (sut)

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top