Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Layani Wajib Pajak, BP2D Kota Malang Latih Mental dan Fisik TPOK

Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang melatih mental dan fisik Tenaga Pendukung Operasional Kegiatan atau TPOK untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada wajib pajak.
Ilustrasi/bppd.malangkota.go.id
Ilustrasi/bppd.malangkota.go.id

Kabar24.com, MALANG— Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang melatih mental dan fisik Tenaga Pendukung Operasional Kegiatan atau TPOK untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada wajib pajak.

Kepala BP2D Kota Malang Ade Herawanto mengatakan setelah resmi direkrut per 1 Februari lalu, para TPOK dituntut cepat beradaptasi dengan pola kerja di badan tersebut.

“Guna meningkatkan semangat, solidaritas dan kekompakan, supaya jiwa dan raganya lebih sigap dalam mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat, sebanyak 76 TPOK BP2D mendapat gemblengan mental dan fisik semi-militer pada Jumat (2/3/2018) pagi,” kata Ade di Malang, Senin (5/3/2018).

Pembinaan dipimpin instruktur dari Korps Marinir TNI Angkatan Laut Karang Pilang, Surabaya dan Satuan Brimob Polda Jatim.

Kegiatan diawali dengan senam militer lalu pelatihan baris berbaris dan dipungkas dengan sarapan pagi bersama. Ini sekaligus menjadi ajang penyegaran bagi segenap petugas pajak daerah setelah sepekan bertugas memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Melalui kegiatan bina fisik dan mental, kata Ade, diharapkan semakin memupuk kedisiplinan, solidaritas, kekompakan dan kesigapan seluruh petugas pajak daerah.

“Kegiatan ini juga menempa loyalitas kepada Pemerintah Kota Malang dan NKRI, serta mengetahui dasar-dasar kedisiplinan dan peraturan pemerintah umum karena mereka sebagai TPOK saat diangkat sebagai pegawai BP2D kan tidak disumpah seperti ASN,” ucapnya.

Pelatihan menjadi penting, kata dia, karena petugas pajak daerah adalah ujung tombak pelayanan prima kepada masyarakat. Mereka dituntut memiliki etos kerja tinggi di samping tentunya kapabilitas dan kualitas mumpuni.

Tahapan rekrutmen TPOK BP2D diawali dengan pembukaan lowongan pada 5-9 Januari lalu. Selama lima hari dibuka, tercatat 620 pelamar memasukkan berkas pendaftaran.

Dari jumlah sebanyak itu, 223 di antaranya lolos seleksi administrasi tahap awal dan mengikuti tes potensi akademis (TPA) serta psikotes pada 13 Januari.

Setelah penjaringan melalui hasil tes tulis, pada 16 Januari diumumkan nama peserta yang lolos ke tahap tes wawancara dan penilaian penentuan akhir (pantukhir) pada 20 Januari.

Setelah semua tahapan dilalui, informasi peserta tes yang diterima menjadi TPOK BP2D Kota Malang diumumkan pada 23 Januari. Mereka langsung memulai tugas barunya per 1 Februari 2018.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper