Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

China, Korsel, AS dan Rudal: Kembali Picu Konflik

Media pemerintah China bereaksi dengan marah dan mengancam akan memboikot setelah dewan afiliasi dari Lotte Group Korea Selatan menyetujui pertukaran lahan dengan pemerintah [Korsel] yang memungkinkan pihak berwenang untuk menggelar sistem pertahanan rudal AS.
Pasukan paramiliter China/Reuters
Pasukan paramiliter China/Reuters

Bisnis.com, BEIJING  - Media pemerintah China  bereaksi dengan marah dan mengancam akan memboikot  setelah dewan afiliasi dari Lotte Group Korea Selatan menyetujui pertukaran lahan dengan pemerintah [Korsel] yang memungkinkan pihak berwenang untuk menggelar sistem pertahanan rudal AS.

Pemerintah memutuskan tahun lalu untuk menyebarkan area pertahanan sistem Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) AS, dalam menanggapi ancaman rudal Korea Utara, di tanah yang merupakan bagian dari lapangan golf  yang dimiliki oleh Lotte di wilayah Seongju, tenggara Seoul.

Dewan tidak terdaftar Lotte International Co Ltd menyetujui kesepakatan dengan pemerintah, Senin (27/2/2017).

China keberatan dengan penyebaran dari THAAD di Korea Selatan, yang memiliki radar yang kuat dan mampu menembus wilayah China, dan Beijing mengatakan itu adalah ancaman bagi  keamanan dan akan melakukan apa pun untuk meredakan ketegangan dengan Korea Utara.

Lotte akan menjadikan pintu yang memperlihatkan China, tulis tabloid berpengaruh yang dikelola negara  Global Times  dalam sebuah editorial pada  Selasa (28/2/2017).

"Kami juga mengusulkan bahwa masyarakat China harus berkoordinasi secara sukarela dalam memperluas pembatasan barang budaya Korea Selatan dan ekspor hiburan ke China, dan memblokir mereka jika diperlukan," katanya dalam edisi bahasa Inggris-nya.

Dalam versi Chinanya, suratkabar  itu mengatakan mobil Korea Selatan dan ponsel harus ditargetkan juga. "Ada banyak pengganti untuk mobil Korea Selatan dan ponsel," katanya.

China telah dua kali mengeluarkan "pernyataan khidmat" ke Korea Selatan tentang perkembangan terbaru  terkait THAAD, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang dalam briefing harian di Beijing.

Tapi itu untuk menyambut perusahaan asing  yang beroperasi di China, katanya. "Apa atau bukan perusahaan asing dapat beroperasi dengan sukses di China, pada akhirnya  keputusan  ada di  pasar  dan kosumen China," tambahnya.

Senin,   suratkabar resmi miliki partai berkuasa Partai Komunis  Harian Rakyat mengatakan pemotongan hubungan diplomatik harus dipertimbangkan.

"Jika THAAD benar-benar dikerahkan di Korea Selatan,  hubungan China-Korea Selatan bersiap-siap  menghadapi kemungkinan  untuk memutus hubungan diplomatik," katanya di akun WeChat edisi luar negeri.

Kantor berita resmi Xinhua juga mengatakan dalam sebuah komentar Senin (27/2/2017) malam bahwa China "tidak menyambut Lotte dengan semacam ".

"Konsumen China benar-benar bisa mengatakan tidak untuk jenis perusahaan dan barang-barang mereka berdasarkan pertimbangan dari 'keamanan nasional'," katanya.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan pada  Selasa  (28/2/2017) telah menandatangani kesepakatan pertukaran tanah dengan lapangan golf Lotte  untuk properti militer. Seorang pejabat militer Korea Selatan mengatakan kepada Reuters patroli militer wilayah dan menginstal pagar  akan dimulai.  

Lotte Group mengatakan pada 8 Februari pihak berwenang China telah menghentikan  konstruksi proyek  real estate multi-miliar dolar  di China setelah fire inspection, memicu kekhawatiran di Korea Selatan tentang kerusakan hubungan komersial dengan ekonomi terbesar kedua di dunia.

Ditanya apakah Korea Selatan menuntut pemerintah China menangguhkan pembalasan ekonomi, juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan Bulan Sang-kyun mengatakan: "Sejauh ini, kami  terus membujuk China  dan akan terus melanjutkan upaya untuk melakukannya"

Pejabat pemerintah Korea Selatan mengatakan THAAD merupakan langkah pertahanan terhadap ancaman Korea Utara dan  tidak menargetkan negara lain.

Bank sentral Korea Selatan mengatakan bulan ini jumlah wisatawan China yang mengunjungi pulau wisata Jeju  selama  liburan Tahun Baru Imlek turun 6,7%  dibanding tahun lalu, sebagian karena "tindakan anti-Korea Selatan yang dipicu  oleh keputusan  anti penyebaran THAAD" China.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : REUTERS
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper