Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rangkuman Perang Rusia Vs Ukraina: Rusia Goyah, Ukraina Siap Serang Balik

Pasukan Ukraina, yang bertahan selama berbulan-bulan, akan segera melakukan serangan balik karena serangan Rusia goyah.
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky tiba untuk upacara memperingati prajurit Ukraina yang tewas dalam pertempuran di Desa Moshchun, pertempuran kunci untuk mempertahankan Ibu Kota Ukraina selama serangan Rusia di wilayah Kyiv, Ukraina 21 Maret 2023. Layanan Pers Kepresidenan Ukraina./Reuters
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky tiba untuk upacara memperingati prajurit Ukraina yang tewas dalam pertempuran di Desa Moshchun, pertempuran kunci untuk mempertahankan Ibu Kota Ukraina selama serangan Rusia di wilayah Kyiv, Ukraina 21 Maret 2023. Layanan Pers Kepresidenan Ukraina./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Pasukan Ukraina, yang bertahan selama berbulan-bulan, akan segera melakukan serangan balik karena serangan Rusia goyah, kata seorang komandan, tetapi Presiden Volodymyr Zelensky memperingatkan bahwa tanpa pasokan senjata yang lebih cepat, perang akan terjadi bertahan bertahun-tahun.

Melansir Reuters, Jumat (24/3/2023), Zelensky mengatakan Uni Eropa harus meningkatkan dan mempercepat pasokan senjata: rudal jarak jauh, amunisi dan pesawat modern, serta memberlakukan sanksi tambahan terhadap Rusia.

"Jika Eropa menunggu, kejahatan mungkin punya waktu untuk berkumpul kembali dan bersiap menghadapi perang bertahun-tahun," kata Zelensky yang jelas-jelas frustrasi pada Kamis (23/3/2023) dalam pidato video kepada para pemimpin Uni Eropa yang disampaikan dari kereta api.

Pada KTT Uni Eropa, para pemimpin menyetujui rencana yang disetujui oleh menteri luar negeri untuk mengirim 1 juta peluru artileri ke Ukraina pada tahun depan. Mereka juga membahas ketahanan pangan global dan sanksi terhadap Rusia.

Inggris telah berjanji untuk memasok amunisi penembus lapis baja yang mengandung depleted uranium untuk membantu menghancurkan tank-tank Rusia, sebuah langkah yang menurut Presiden Vladimir Putin akan memaksa rekasi dari Rusia karena senjata itu memiliki "komponen nuklir".

Adapun, Slovakia mengatakan pada Kamis (23/3/2023), pihaknya telah menyerahkan empat jet MiG-29 pertama yang telah dijanjikan ke Ukraina, sisanya akan dikirim dalam beberapa minggu.

Komandan pasukan darat utama Ukraina Oleksandr Syrskyi mengatakan pasukannya akan segera memulai serangan balasan setelah menahan serangan musim dingin yang brutal dari Rusia.

Dia mengatakan tentara bayaran Wagner Rusia, yang telah berada di garis depan serangan Moskow di Ukraina bagian Timur dan Selatan kehilangan kekuatan yang cukup besar dan kehabisan tenaga.

"Segera, kami akan memanfaatkan kesempatan ini, seperti yang kami lakukan di masa lalu di dekat Kyiv, Kharkiv, Balakliya dan Kupiansk," katanya, mendaftar serangan balik Ukraina tahun lalu yang merebut kembali petak-petak tanah.

Tidak ada tanggapan langsung dari Moskow atas saran bahwa pasukannya di Bakhmut kehilangan momentum, tetapi bos Wagner Yevgeny Prigozhin mengeluarkan pernyataan dalam beberapa hari terakhir, memperingatkan serangan balasan Ukraina.

Pada Senin (20/3/2023), Prigozhin menerbitkan sepucuk surat kepada Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu, mengatakan bahwa Ukraina bertujuan untuk memutus pasukan Wagner dari pasukan reguler Rusia.

Wartawan Reuters di dekat garis depan utara Bakhmut melihat tanda-tanda yang konsisten dengan anggapan bahwa serangan Rusia di daerah itu bisa berkurang.

Di sebuah desa yang dikuasai Ukraina di sebelah Barat Soledar, di pinggiran Utara Bakhmut, intensitas pengeboman Rusia berkurang dari dua hari sebelumnya.

"Di sini sangat panas seminggu yang lalu, tetapi dalam tiga hari terakhir ini lebih sepi," kata seorang tentara Ukraina yang menggunakan tanda panggilan "Kamin", atau "Batu".

“Ini bisa kita lihat dari serangan udara musuh. Kalau sebelumnya ada lima-enam serangan udara dalam sehari, hari ini hanya satu kali serangan helikopter,” kata prajurit itu.

Perubahan

Perlambatan oleh Rusia di Bakhmut bisa berarti mengalihkan pasukan dan sumber dayanya ke daerah lain.

Inggris mengatakan pada Kamis (23/3/2023), bahwa pasukan Rusia unggul lebih jauh ke bagian Utara bulan ini, sebagian mendapatkan kembali kendali atas Kota Kreminna. Pertempuran sengit juga berlangsung lebih jauh ke Selatan.

Analis militer Ukraina Oleh Zhdanov setuju dengan penilaian itu. Dia mengatakan di YouTube bahwa serangan Rusia terhadap Bakhmut menurun, dan mengalihkan upayanya ke Selatan ke kota Avdiivka.

Pasukan Rusia menjadi lebih aktif di wilayah Utara di wilayah Kharkiv dan Luhansk serta wilayah Zaporizhzhia tengah dan selatan Kherson, katanya.

Pergeseran momentum apa pun di Bakhmut, jika dikonfirmasi, akan menjadi luar biasa mengingat kepentingan simbolis kota itu sebagai fokus ofensif Rusia, dan skala kerugian di kedua sisi di sana dalam pertempuran infanteri paling berdarah di Eropa sejak

Perang Dunia Kedua

Di Ukraina, garis depan sebagian besar telah dibekukan sejak November. Ukraina tampaknya akan mundur dari Bakhmut beberapa minggu lalu, tetapi memutuskan untuk terus berjuang.

Zelensky sebelumnya melanjutkan tur ke provinsi garis depan, mengunjungi wilayah Kherson di selatan sehari setelah bertemu pasukan di dekat Bakhmut.

Sebuah video menunjukkan dia bertemu dengan penduduk di Posad Pokrovske, sebuah desa yang dibom di bekas garis depan Kherson yang direbut kembali dalam kemajuan besar terakhir Ukraina tahun lalu.

Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022  dan menyebutnya "operasi militer khusus". Rusia menyebut hubungan Ukraina dengan Barat merupakan ancaman keamanan. Sejak itu, puluhan ribu warga sipil dan tentara Ukraina serta Rusia tewas.

Rusia telah menghancurkan kota-kota Ukraina dan membuat jutaan orang mengungsi. Pasukan Putin mencaplok hampir seperlima dari Ukraina. Kyiv dan Barat menyebut perang itu sebagai serangan tak beralasan untuk menaklukkan negara merdeka.

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, mengatakan Uni Eropa akan bekerja untuk menemukan anak-anak Ukraina yang dideportasi ke Rusia dan mendesak agar mereka kembali. Dia mengatakan 16.200 anak telah dideportasi dan hanya 300 yang kembali ke Ukraina.

Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Putin seminggu yang lalu atas pemindahan paksa anak-anak Ukraina.

"Ini adalah pengingat yang mengerikan dari masa tergelap dalam sejarah kita ... untuk mendeportasi anak-anak. Ini adalah kejahatan perang," kata von der Leyen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper