Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fenomena Turis Gunakan Kendaraan Plat Palsu di Bali, 4 Orang Ditangkap

Pihak kepolisian menangkap sejumlah WNA yang terciduk menggunakan plat nomor palsu, yang ternyata marak dilakukan di Bali.
Fenomena turis asing di Bali menggunakan plat nomor palsu/Twitter @niluhdjelantik
Fenomena turis asing di Bali menggunakan plat nomor palsu/Twitter @niluhdjelantik

Bisnis.com, SOLO - Fenomena beberapa turis asing di Bali menggunakan plat nomor palsu untuk motor dan mobil yang dipakainya menjadi sorotan netizen.

Para turis asing tersebut nekat merubah plat nomor mereka, yang tak sesuai dengan aturan lalu lintas di Indonesia.

Foto para turis menggunakan plat nomor palsu tersebut turut diunggah oleh akun Twitter @niluhdjelantik pada Sabtu (4/3/2023) lalu.

Menanggapi maraknya wisatawan asing melakukan pelanggaran di jalanan Bali, pihak kepolisian pun langsung menyelidiki
kasus tersebut.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Bali Komisaris Besar Polisi Stefanus Satake Bayu Setianto di Denpasar, Minggu mengatakan Ditlantas Polda Bali beserta Polres jajaran saat ini sedang lakukan pengejaran terhadap pengguna kendaraan roda empat dan roda dua yang menggunakan nomor polisi tidak sesuai aturan terutama kendaraan yang menggunakan plat Rusia.

Dia mengatakan upaya tersebut penting mengingat banyaknya laporan masyarakat dan petugas di lapangan yang kerap menyaksikan banyak turis mancanegara menggunakan kendaraan dengan menggunakan plat yang dimodifikasi sesuai keinginan sendiri tanpa nomor polisi.

"Modusnya menggunakan plat nomor kendaraan tidak sesuai aturan," kata Satake Bayu, dilansir dari Antara.

Saat ini, kata dia, wisatawan yang banyak menggunakan nomor plat palsu berasal dari Rusia dan hingga kini masih dalam pantauan polisi di semua wilayah hukum Polda Bali.

"Sampai saat ini kendaraan roda empat dan roda dua yang menggunakan nopol Rusia tersebut, masih dalam pengejaran dan kita pastikan akan jadikan target operasi," kata Satake Bayu.

Polda Bali pun akan terus meningkatkan Patroli terutama di kawasan-kawasan wisata, seperti Kuta, Seminyak, Canggu hingga Tanah Lot, termasuk Ubud, serta kawasan wisata lainnya baik di Gianyar maupun Denpasar.

Dalam patroli tersebut, petugas juga melaksanakan penindakan tilang terhadap para pengendara yang ditemukan melanggar peraturan lalu lintas.

"Kami Polda Bali berharap siapapun pemilik kendaraan yang bernopol Rusia tersebut, agar mempunyai kesadaran untuk segera mengganti dengan yang nopol aslinya dan bagi warga masyarakat yang mengetahui keberadaan kendaraan tersebut, mohon kerja samanya untuk melaporkan kepada kepolisian terdekat dan kami akan tindak pengendara tersebut," kata Satake Bayu.

Sejumlah wisatawan asing ditangkap...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper