Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anies Temui AHY Besok, Sinyal Maju Bareng di Pilpres 2024?

Anies Baswedan akan menemui Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP Demokrat, Jakarta, pada Jumat (7/10/2022).
Anies Baswedan / Bisnis - Pernita Hestin Untari
Anies Baswedan / Bisnis - Pernita Hestin Untari

Bisnis.com, JAKARTA - Calon presiden (capres) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Anies Baswedan akan menemui Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP Demokrat, Jakarta, pada Jumat (7/10/2022).

Kepala Bappilu DPP Partai Demokrat Andi Arief mengatakan, pertemuan tersebut akan menjawab apakah Anies akan menggandeng AHY atau tidak sebagai pasangan calon presiden (capres) dan wakil presiden (cawapres).

"Partai Demokrat yakin dengan berlangsungnya pertemuan besok di DPP adalah pertanda baik, dan makin meneguhkan bahwa Anies adalah bagian dari tokoh perubahan dan perbaikan bersama Partai Demokrat," jelas Andi dalam keterangan tertulis, Kamis (6/10/2022).

Dia mengatakan, selama Anies memberikan komitmen kepada Demokrat dan koalisi, partai berlambang mercy tersebut akan membalas komitmen tersebut berkali-kali lipat.

Oleh sebab itu, Andi menegaskan, Anies harus menetapkan janjinya kepada koalisi. Meski begitu, dia tak menjelaskan janji yang dimaksudnya.

"Anies sedang melalui tahap pertama ujian untuk tidak mencederai janji dan komitmennya terhadap Partai Demokrat dan koalisi. Partai Demokrat dan rakyat Indonesia sedang menantikan hal itu," ujar Andi.

Rencananya, Anies akan datang ke Kantor Demokrat di Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat pada pukul 09.00 WIB.

Demokrat sendiri sedang dekat dengan Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Bahkan, Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad H.M. Ali mengungkapkan pihaknya ingin koalisi antara NasDem, Demokrat, dan PKS dideklarasikan pada 10 November 2022.

Cawapres Anies

Sebelumnya, Partai NasDem resmi mendeklarasikan Anies menjadi capres usungan partai untuk Pilpres 2024 pada Senin (3/10/2022).

Dalam deklarasi tersebut, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh juga mengungkapkan bahwa dirinya memberikan wewenang kepada Anies untuk memilih cawapresnya.

Anies pun merasa terhormat dengan kepercayaan tersebut. Dia mengaku sudah terlebih dahulu diberitahukan bahwa dirinya berhak menentukan pasangannya sendiri.

Dalam memilih cawapresnya, Anies mengklaim tak akan memilih golongan tertentu. Menurutnya, pasangannya nanti harus siap mementingkan kepentingan bangsa daripada kepentingan lain.

"Intinya adalah semua putra bangsa. Semua yang siap untuk berjalan bersama, meninggikan kepentingan Republik di atas kepentingan yang lain, itu yang akan leluasa untuk kita berjalan bersama," ungkap Anies saat menjumpai awak media di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper