Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hati-hati, Gelombang di Perairan Selat Malaka Capai 3 Meter

Memperingatkan nelayan maupun masyarakat pesisir di daerah itu mewaspadai tinggi gelombang di perairan Selat Malaka dengan ketinggian mencapai tiga meter.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Malikussaleh Lhokseumawe, Aceh, memperingatkan nelayan maupun masyarakat pesisir di daerah itu mewaspadai tinggi gelombang di perairan Selat Malaka dengan ketinggian mencapai tiga meter.

"Nelayan diminta mewaspadai potensi gelombang tinggi yang diperkirakan mencapai tiga meter dalam dua hari ke depan di perairan Selat Malaka," kata Ricky Nadiansyah, prakirawan BMKG Stasiun Malikussaleh Ricky Nadiansyah di Lhokseumawe, Jumat (17/2022).

Ricky mengatakan potensi gelombang tinggi tersebut terpantau dari pengamatan satelit terjadinya pembentukan angin yang berpotensi angin kencang, sehingga kondisi tersebut berdampak ke wilayah pesisir di perairan Selat Malaka.

"Pembentukan angin yang berpotensi hujan sedang hingga lebat di musim kemarau tersebut juga berdampak pada wilayah pegunungan yang dapat menyebabkan adanya longsor hingga pohon tumbang," kata Ricky.

Potensi angin kencang disertai hujan lebat dan memicu gelombang laut tinggi diperkirakan akan terjadi hingga September. Hal ini dipicu adanya gangguan cuaca akibat adanya konvergensi di wilayah Aceh.

Kondisi ini dipengaruhi adanya uap air yang memasuki kawasan pegunungan serta peningkatan suhu muka laut, sehingga mempengaruhi masa pertumbuhan udara di wilayah Aceh yang menyebabkan hujan lebat dan gelombang tinggi, kata Ricky.

"Kami juga mengimbau masyarakat di kawasan pegunungan agar lebih waspada terhadap bencana longsor maupun banjir. Sementara untuk aktivitas melaut, nelayan diminta mewaspadai perubahan cuaca atau arah mata angin, selain gelombang tinggi," kata Ricky.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antaranews
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper