Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Update Perang Rusia vs Ukraina: Rusia Kian Tak Terbendung, Ukraina Frustasi?

Pasukan Ukraina mulai frustasi menghadapi tekanan dari Angkatan Bersenjata Rusia.
Pasukan Rusia mengarahkan senapan ke lawan/Emerging Europe
Pasukan Rusia mengarahkan senapan ke lawan/Emerging Europe

Bisnis.com, JAKARTA – Laju pasukan Rusia semakin tak tertahan dalam peperangan di medan pertempuan Ukraina Timur. Pada Sabtu kemarin, kota Severodonetsk dan Borovskoye berhasil dikuasai.

Sekitar 108 ribu orang tinggal di kota-kota yang dibebaskan. Total luas wilayah yang dibebaskan adalah sekitar 145 kilometer persegi. ️

Pihak Rusia mengklaim bahwa keberhasilan tentara Rusia, milisi rakyat Republik Rakyat Donetsk dan Luhansk secara signifikan mengurangi moral dan psikologis personel tentara Ukraina.

“Di brigade mekanis ke-30, yang dikerahkan di dekat Artemovsk, ada kasus mabuk-mabukan, penggunaan narkoba, dan pengabaian posisi tempur yang tidak sah,” kata Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov, Minggu (26/6/2022).

Sementara itu, serangan rudal Kaliber Rusia berhasil menghantam pusat pelatihan pasukan darat ke-169 di daerah pemukiman Desna, wilayah Chernihiv, pusat pelatihan pasukan serangan udara ke-199 di daerah Teterevka, wilayah Zhytomyr, serta pusat pelatihan angkatan bersenjata Ukraina ke-184 di distrik Starichi di wilayah Lviv.

“Kemampuan tempur brigade infanteri bermotor ke-65, ke-66 dan brigade mobil ke-46 dari cadangan strategis Ukraina, yang menyelesaikan pelatihan di tempat pelatihan ini, benar-benar kehilangan kemampuan tempur mereka,” imbuh Igor.

Kendati demikian, Rusia melaporkan bahwa Ukraina juga menyerang dengan pesawat dan beberapa sistem peluncuran roket di Pulau Zmeiny. Sebagai hasil dari memukul mundur serangan itu, rudal anti-pesawat Pantsir-S dan sistem senjata menembak jatuh sebuah pesawat Su-25 Angkatan Udara Ukraina dan 12 roket.

“Tidak ada korban jiwa di antara personel garnisun dan tidak ada kerusakan. Sistem pertahanan udara Rusia menghancurkan 8 kendaraan udara tak berawak Ukraina. Juga, 19 peluncur roket ganda ditembak jatuh,” ujarnya.

Sedangkan dalam pertempuran udara, sebuah pesawat MiG-29 Angkatan Udara Ukraina ditembak jatuh di dekat desa Zelenodolsk, wilayah Dnepropetrovsk.

Secara total, sejak awal operasi militer khusus, 215 pesawat, 132 helikopter, 1.363 kendaraan udara tak berawak, 350 sistem rudal anti-pesawat, 3.809 tank dan kendaraan tempur lapis baja lainnya, 682 kendaraan tempur peluncur roket ganda, 3.012 senjata artileri lapangan dan mortir, serta 3.864 unit kendaraan militer khusus Ukraina hancur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper