Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Update Perang Rusia vs Ukraina: 800 Tentara Ukraina Tewas, 17 Tank Hancur

Sebanyak 800 tentara Ukraina tewas dalam serangan Rusia yang berlangsung 2 hari terakhir.
Warga melintasi jalan yang kosong saat asap dari pengeboman terlihat di latar belakang, di tengah serangan Rusia ke Ukraina, di kota Lysychansk, wilayah Luhansk, Ukraina, 10 Juni 2022./Antara
Warga melintasi jalan yang kosong saat asap dari pengeboman terlihat di latar belakang, di tengah serangan Rusia ke Ukraina, di kota Lysychansk, wilayah Luhansk, Ukraina, 10 Juni 2022./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Rusia terus menggempur posisi militer Ukraina menggunakan rudal dan sejumlah senjata berat dalam operasi khusus yang sudah berlangsung sejak akhir Februari lalu.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov memaparkan bahwa pihak Ulraoa terus menderita kerugian yang cukup besar.

Dia menuturkan dalam pertempuran yang terjadi selama Kamis kemarin, Batalyon ke-34 dari brigade infanteri bermotor ke-57 Angkatan Bersenjata Ukraina, dikalahkan di dekat pemukiman Mirnaya Dolina dari Republik Rakyat Luhansk.

“Kerugian dalam dua hari berjumlah lebih dari 150 orang tewas dan sekitar 450 terluka.,” ujarnya dikutip, Jumat (24/6/2022).

Igor mengungkapkan bahwa ️saat ini di setiap kompi batalion itu tidak lebih dari 15 sampai dengan 20 tentara. Staf komando junior juga meninggalkan bawahan mereka dan meninggalkan area pertempuran. ️

“Kurang dari 50 persen personel tetap berada di unit brigade mekanis ke-30 Angkatan Bersenjata Ukraina di wilayah pemukiman Klinovoye Republik Rakyat Donetsk,” ujarnya.

 “Lebih dari 170 tentara dan perwira dievakuasi dari daerah pertempuran dengan luka parah.”

Sementara itu, serangan senjata presisi tinggi Angkatan Udara Rusia di wilayah Nikolaev menghancurkan 49 tank dengan bahan bakar untuk peralatan militer Angkatan Bersenjata Ukraina, serta 50 sistem peluncuran roket ganda yang terletak di hanggar kendaraan tempur.

Pada siang hari, senjata presisi tinggi Rusia juga menghantam tiga pangkalan untuk perbaikan kendaraan lapis baja di wilayah Nikolaev, empat pos komando, tenaga kerja dan peralatan militer di 18 distrik.

Adapun penerbangan operasional-taktis militer Rusia menghancurkan tenaga kerja dan peralatan militer di 96 distrik dan pos radar lapangan di wilayah Konstantinovka di wilayah Kharkiv dalam sehari.

Pasukan rudal dan artileri Rusia  menghantam 26 pos komando, tenaga kerja dan peralatan militer Angkatan Bersenjata Ukraina di 364 distrik, serta unit artileri Ukraina di 58 distrik, termasuk satu peleton howitzer M-777 155 mm di Pulau Kubansky dan sebuah peleton peluncur roket sistem tembakan voli "Smerch" di daerah Novopokrovskoye di Donetsk.

“Tiga titik kontrol bergerak untuk kendaraan udara tak berawak dihancurkan di daerah pemukiman Zhovtnevaya, Kiselevka, Barmashovo di wilayah Nikolaev,” imbuh Igor.

Sebagai bagian dari pertempuran kontra-baterai, senjata berpemandu presisi dari Angkatan Udara Rusia, pasukan rudal dan artileri ke arah Donetsk menghantam: delapan peleton MLRS Uragan, serta 11 peleton artileri laras Angkatan Bersenjata Ukraina.

“Sebagai hasil dari serangan udara, rudal dan artileri, lebih dari 650 nasionalis, 17 tank dan kendaraan tempur lapis baja lainnya, tiga kendaraan tempur sistem peluncuran roket ganda Smerch, serta 17 kendaraan khusus dihancurkan dalam sehari,” ungkapnya.

Selain itu, pasukan pertahanan udara Angkatan Udara Rusia menghancurkan 21 kendaraan udara tak berawak Ukraina per hari.

Secara total, sejak awal operasi militer khusus, 211 pesawat, 132 helikopter, 1.329 kendaraan udara tak berawak, 349 sistem rudal anti-pesawat, 3.750 tank dan kendaraan tempur lapis baja lainnya, 647 kendaraan tempur sistem roket peluncuran ganda, 2,088 lapangan senjata artileri dan mortir, dan juga 3818 unit kendaraan militer khusus Ukraina hancur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper