Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Megawati Puji Puan Saat Jadi Presiden IPU, Sinyal Capres 2024? 

Megawati Soekarnoputri melayangkan pujian kepada Puan Maharani saat menjadi Inter-Parliamentary Union (IPU). Sinyak Capres 2024?
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di acara Rakernas II PDI Perjuangan di Jakarta, Selasa (21/6/2022)/Dok. PDIP
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di acara Rakernas II PDI Perjuangan di Jakarta, Selasa (21/6/2022)/Dok. PDIP

Bisnis.com, JAKARTA -- Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIPMegawati Soekarnoputri memuji putrinya, Ketua DPR RI Puan Maharani yang sempat dipercaya menjadi Presiden Assembly IPU ke-144 pada 20-24 Maret 2022 lalu di Nusa Dua, Bali. Sinyal calon presiden atau Capres 2024?

Pujian tersebut disampaikan Megawati saat memberikan sambutan dalam pembukaan Rakernas II PDIP di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan pada Selasa (21/6/2022). 

"Mbak puan waktu IPU, IPU iku susah lho, lebih susah ngaturnya daripada kalau dengan pemerintahan. Saya kan udah mengalami waktu di DPR, suruh ikut IPU, suka mau-maunya sendiri, pak. Opo meneh negara-negara barat itu," katanya.

Diketahui IPU atau Inter-Parliamentary Union (IPU) diselenggarakan sebagai forum internasional pertama yang membahas terkait negosiasi politik antar negara.

"Jadi, bukan karena mbak Puan anak saya. Ndak, susah lho dia bisa jadi ketua IPU. Lah, kelihatan toh sing lanang tepuk tangannya gak wah, sing piye ngono loh. Jengkel banget, deh," lanjutnya.

Menurutnya, salah satu syarat paling susah yaitu dalam penyusunan draft pada acara tersebut. Pasalnya, putri Bung Karno itu juga sempat menjadi bagian dalam penyusunan draft.

"Kalau inget itu haduh tadinya gak mau deh saya masuk ke sini ya, tapi yo piye to, karena sama Sekretaris Jenderal nya itu kenal baik," ucapnya.

"Bukan karena Mbak Puan anak saya ya, enggak" tekannya.

Sebelumnya, Megawati banyak bicara tentang kesetaraan gender dan peluang perempuan dalam menduduki posisi strategis.

"Jangan bedakan (perempuan dengan laki-laki,)" ujar Megawati

Meski demikian, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan pidato Presiden ke-5 itu tak berkaitan dengan Capres dari PDIP. Melainkan ia hanya menyampaikan kegelisahannya terkait cara bernegara.

"Bung Karno telah mengawali dengan Sarinah, tetapi Sarinah belum banyak dipahami sehingga kesetaraan warga negara pada hak dan kewajibannya itulah yang menjadi bagian dari perjuangan PDIP," jelasnya saat menemui awak media, Selasa (21/06/2022).

Seperti diketahui, PDIP belum mengumumkan kandidat yang akan diusung menjadi calon presiden (Capres) 2024. Nama Puan Maharani dan Ganjar Pranowo digadang-gadang menjadi calon terkuat untuk diusung menjadi Capres 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper