Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sosok Hadi Tjahjanto, dari Jenderal TNI hingga Komandan Lapangan MotoGP

Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto dikabarkan akan masuk ke Kabinet Indonesia Maju.
Eks Panglima TNI Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto dikabarkan segera dilantik Presiden Jokowi sebagai menteri/Antara-Akbar Nugroho Gumay
Eks Panglima TNI Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto dikabarkan segera dilantik Presiden Jokowi sebagai menteri/Antara-Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA - Memenuhi panggilan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Selasa (14/6/2022), mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto dikabarkan akan masuk ke Kabinet Indonesia Maju.

Kedatangan Hadi semakin memperjelas agenda reshuffle kabinet yang akan dilakukan Jokowi pada Rabu (15/6/2022) siang.

Berikut profil dan perjalanan karier Hadi Tjahjanto:

Hadi lahir dari keluarga militer pada 8 November 1963 di Malang, Jawa Timur. Ayahnya Serka Tek (Purn.) Bambang Sudarso merupakan seorang kopral dengan pangkat terakhir sebagai sersan mayor (teknik).

Hadi memulai pendidikan militer di Akademi Angkatan Udara (AAU) dan menyelesaikan pendidikannya tersebut pada tahun 1986.

Setelah nenyelesaikan pendidikan militer pertamanya, Hadi kemudian dilantik menjadi perwira TNI AU berpangkat Letda oleh Presiden ke-2 RI Soeharto pada 20 September 1986.

Hadi mengawali kiprahnya di dunia militer sebagai salah satu anggota Skadron Udara 4 yang bermarkas di Pangkalan Udara Abdul Rachman Saleh, Malang, Jawa Timur.

Pada tahun 2010, Hadi ditunjuk sebagai Komandan Pangakalan Udara Adisumarmo dan berselang setahun, Hadi menjabat tugas di luar TNI AU yakni menjadi Perwira Bantuan I/Renxana Operasi TNI dan Sekretaris Militer Kementerian Sekretaris Negara.

Dua tahun kemudian, Hadi yang berpangkat kolonel selanjutnya dipercaya untuk menjadi Direktur Operasi dan Latihan Badan SAR Nasional.

Kembali melebarkan sayapnya, Hadi kemudian diamanahi untuk menjabat sebagai Sekretariat Militer Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang mampu menaikkan pangkat militernya menjadi Marsekal Muda.

Adapun pada bulan November 2016, Hadi dilantik menjadi Irjen Kemeterian Pertahanan.

Satu tahun berselang, tepatnya pada 18 Januari 2017, Hadi kemudian terpilih sebagai Kepala Staf Angkafan Udara, menggantikan Agus Supriatna.

Dalam kepemimpinannya tersebut, Hadi berhasil menguak berbagai kasus korupsi di Kementerian Pertahanan (Kemenhan) antara lain adalah pengadaan pesawat dan helikopter.

Pada tahun yang sama, Hadi keluar sebagai nama calon Panglima TNI yang diusulkan Jokowi dan resmi dilantik sebagai Panglima TNI  tepatnya pada 8 Desember 2017. Selepas pensiun dari Panglima TNI, Hadi sempat menjadi Komandan Lapangan pelaksanaan MotoGP pada awal tahun ini.

Kini, Hadi dikabarkan segera dilantik Presiden Jokowi sebagai menteri.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper