Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rudal Rusia Hancurkan Tank di Pinggiran Kiev, 350 Tentara Ukraina Tewas!

Serangan rudal Rusia menghancurkan tank T 72 milik Ukraina. Sementara serangan taktis Rusia menewaskan sebanyak 350 tentara Ukraina.
Citra satelit menunjukkan pasukan darat Rusia di timur laut Ivankiv menuju ke arah Kiev, Ukraina, 27 Februari 2022. Citra satelit © 2022 Maxar Technologies/Handout via REUTERS
Citra satelit menunjukkan pasukan darat Rusia di timur laut Ivankiv menuju ke arah Kiev, Ukraina, 27 Februari 2022. Citra satelit © 2022 Maxar Technologies/Handout via REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA – Rudal udara jarak jauh Angkatan Udara Rusia menghantam pinggiran Kiev dalam lanjutan operasi khusus di Ukraina yang sudah berlangsung lebih dari 100 hari.
 
Serangan itu menghancurkan tank T-72 yang dipasok oleh negara-negara Eropa Timur dan kendaraan lapis baja.
 
“Rudal yang diluncurkan dari udara berpresisi tinggi di pemukiman Kramatorsk, Druzhkovka dan Chasov Yar dari Republik Rakyat Donetsk juga menghancurkan bengkel-bengkel pabrik di mana peralatan militer yang rusak selama permusuhan sedang diperbaiki dan dipulihkan untuk tentara Ukraina,” ujar laporan dari pihak Rusia, Minggu (5/6/2022).  
 
Selain itu, pada siang hari, pos komando brigade serangan udara ke-81 dan ke-95 Angkatan Bersenjata Ukraina, serta 6 area konsentrasi tenaga kerja dan peralatan militer Ukraina, diserang.
 
Rusia melaporkan akibat dari serangan itu 2 dua peluncur sistem rudal anti-pesawat Osa-AKM, 2 kendaraan tempur peluncuran ganda sistem roket di di wilayah Kharkiv, 3 gudang senjata roket dan artileri, serta radar kontra-baterai yang diproduksi oleh AS AN / TPQ-50 di wilayah Seversk di Republik Rakyat Donetsk hancur.
 
Sementara itu, serangan penerbangan taktis Rusia mengantam 3 pos komando, 65 area konsentrasi tenaga kerja dan peralatan militer, dan 3 depot amunisi.
 
Secara total, lebih dari 350 nasionalis, 10 tank dan kendaraan lapis baja, dua peluncur roket ganda Grad, sembilan artileri, 14 kendaraan khusus, serta tank Pasukan Ukraina di Donbass, dan dua depot amunisi di daerah pemukiman Bakhmut di Republik Rakyat Donetsk dan Loskutovka di Republik Rakyat Luhansk hancur.
 
“Selama pertempuran udara di dekat pemukiman Slavyansk di Republik Rakyat Donetsk, sebuah pesawat MiG-29 dari Angkatan Udara Ukraina ditembak jatuh,” imbuh laporan tersebut.
 
Adapun, sistem pertahanan udara Rusia di wilayah Odessa menembak jatuh sebuah pesawat angkut militer An-26 Angkatan Udara Ukraina, yang membawa senjata dan peralatan militer. Siang harinya 10 kendaraan udara tak berawak Ukraina dihancurkan, termasuk pesawat udara tak berawak "Bayraktar TB2".
 
Selain itu, dua rudal taktis Tochka-U dicegat di atas pemukiman Novogeorgievka, wilayah Mykolaiv, dan 3 peluru Ukraina dari sistem roket peluncuran ganda Uragan ditembak jatuh di daerah pemukiman Kamenka Kering, Dolgenkoye dan Kamenka, wilayah Kharkiv.

Secara total, sejak awal operasi militer khusus, 189 pesawat, 129 helikopter, 1114 kendaraan udara tak berawak, 330 sistem rudal anti-pesawat, 3.416 tank dan kendaraan tempur lapis baja lainnya, 470 instalasi sistem roket peluncuran ganda, 1.778 artileri lapangan senjata dan mortir, serta 3.419 unit kendaraan militer khusus Ukraina hancur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper