Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Beberkan Peran Vital UMKM Bagi Indonesia, Apa Saja?

Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin menilai UMKM di Indonesia memegang peran vital sebagai tumpuan perekonomian nasional sehingga program pengembangan UMKM melalui tiga pilar kebijakan dapat mewujudkan UMKM yang produktif, inovatif, dan adaptif.
Wapres KH Maruf Amin. (kanan)./Antara
Wapres KH Maruf Amin. (kanan)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin mengapresiasi upaya Bank Indonesia melaksanakan program pengembangan UMKM melalui tiga pilar kebijakan, yaitu korporatisasi, peningkatan kapasitas, dan perluasan akses pembiayaan.

Penyebabnya, dia menilai UMKM di Indonesia memegang peran vital sebagai tumpuan perekonomian nasional sehingga ketiga program tersebut dapat mewujudkan UMKM yang produktif, inovatif, dan adaptif.

“Ke depan, saya minta agar sinergi dan kolaborasi yang baik antara Bank Indonesia dengan kementerian dan lembaga, asosiasi, dan komunitas dalam upaya pengembangan UMKM di Indonesia dapat terus terjaga, bahkan menjangkau berbagai pihak lainnya,” ujarnya dikutip melalui Youtube Bank Indonesia, Jumat (27/5/2022).

Lebih lanjut, dia menjelaskan UMKM sebagai penggerak ekonomi perlu dorongan berkelanjutan untuk berkarya dengan mengedepankan kreativitas dan pembaruan, termasuk dukungan untuk meningkatkan peran perempuan dan kaum muda dalam pemulihan dan kebangkitan UMKM, sehingga UMKM dapat menjadi penopang generasi bangsa di masa depan.

“Dalam berbagai kesempatan, saya sampaikan bahwa perluasan akses pasar dan akselerasi berbagai inovasi di bidang teknologi dan digital harus terus diperkuat, karena keduanya adalah tuas bagi UMKM agar naik kelas, tidak terkena penyakit stunting,” katanya.

Selain itu, dia mengatakan dukungan esensial yang juga dibutuhkan UMKM adalah dukungan untuk merealisasikan UMKM bersertifikasi halal, sebagai jaminan perlindungan bagi umat dalam mengonsumsi produk halal, sekaligus untuk kemudahan ekspor, terutama ke negara-negara berpenduduk mayoritas muslim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper