Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inggris Selidiki Penularan Cacar Monyet (Monkeypox) di Kalangan Gay

UKHSA mendeteksi kasus cacar monyet baru-baru ini didominasi oleh gay. Monkeypox sebelumnya bukan infeksi menular seksual.
Partikel virus cacar monyet atau monkeypox./Istimewa
Partikel virus cacar monyet atau monkeypox./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) telah mendeteksi kasus tambahan cacar monyet atau monkeypox, satu di London dan satu di Tenggara Inggris.

Dikutip dari keterangan tertulis UKHSA pada www.gov.uk, Jumat (20/5/2022), bahwa kasus baru-baru ini didominasi oleh gay, biseksual atau pria yang berhubungan seksual dengan pria.

Dua kasus terakhir tidak memiliki hubungan perjalanan ke negara endemi cacar monyet, sehingga kemungkinan mereka tertular melalui penularan komunitas.

Virus menyebar melalui kontak dekat dan UKHSA menyarankan individu, terutama mereka yang gay, biseksual untuk waspada terhadap ruam atau lesi yang tidak biasa di bagian tubuh mereka, terutama alat kelamin mereka, dan untuk menghubungi layanan kesehatan seksual jika mereka memiliki kekhawatiran.

Monkeypox sebelumnya tidak digambarkan sebagai infeksi menular seksual, meskipun dapat ditularkan melalui kontak langsung saat berhubungan seks.

Ini juga dapat ditularkan melalui kontak dekat lainnya dengan orang yang menderita cacar monyet atau kontak dengan pakaian atau linen yang digunakan oleh orang yang menderita cacar monyet.

Lebih lanjut, 2 kasus baru cacar monyet  tidak memiliki hubungan dengan kasus terkonfirmasi sebelumnya yang diumumkan pada 16, 14 dan 7 Mei.

UKHSA bekerja sama dengan NHS dan pemangku kepentingan lainnya segera menyelidiki di mana dan bagaimana kasus cacar monyet yang dikonfirmasi baru-baru ini diperoleh, termasuk bagaimana mereka dapat dikaitkan satu sama lain.

Virus ini biasanya tidak menyebar dengan mudah antar manusia. Risiko terhadap populasi Inggris tetap rendah.

Siapa pun yang khawatir bahwa mereka dapat terinfeksi cacar monyet disarankan untuk menghubungi NHS 111 atau klinik kesehatan seksual.

UKHSA dalam keterangannya, menyebut bahwa orang-orang harus memberi tahu klinik sebelum kunjungan mereka. Konsultasi atau diskusi akan diperlakukan secara sensitif dan rahasia.

Monkeypox adalah infeksi virus yang biasanya dikaitkan dengan perjalanan ke Afrika Barat. Ini biasanya penyakit ringan yang sembuh sendiri, disebarkan melalui kontak yang sangat dekat dengan seseorang yang menderita cacar monyet dan kebanyakan orang sembuh dalam beberapa minggu.

Dr Susan Hopkins, Kepala Penasihat Medis UKHSA, mengatakan: Kasus-kasus terbaru bersama dengan laporan kasus di negara-negara di seluruh Eropa, menegaskan kekhawatiran awal kami bahwa mungkin ada penyebaran cacar monyet di dalam komunitas kami.

UKHSA telah dengan cepat mengidentifikasi kasus sejauh ini dan kami terus menyelidiki dengan cepat sumber infeksi ini dan meningkatkan kesadaran di antara para profesional kesehatan.

“Kami secara khusus mendesak pria gay dan biseksual untuk waspada terhadap ruam atau lesi yang tidak biasa dan untuk menghubungi layanan kesehatan seksual tanpa penundaan jika mereka memiliki kekhawatiran. Silakan hubungi klinik sebelum kunjungan Anda,” ujarnya.

Dokter harus waspada terhadap individu yang mengalami ruam tanpa diagnosis alternatif yang jelas dan harus menghubungi layanan spesialis untuk meminta nasihat.

Sejauh ini, Inggris memiliki 9 kasus. Kasus pertama dilaporkan pada 7 Mei adalah kasus import. Pasien tersebut melakukan perjalanan ke Nigeria.

Kemudian, pada 14 Mei dideteksi 2 kasus cacar monyet dalam satu rumah, dan kedua orang itu tidak ada kontak dengan kasus yang dilaporkan pada 7 Mei. Keduanya juga tidak ada riwayat bepergian ke daerah endemik cacar monyet.

Selanjutnya, pada 16 Mei, didteksi 4 kasus cacar monyet yang tidak terkait dengan kasus pada 7 Mei dan 14 Mei. Keempat orang yang dideteksi cacar monyet itu mengidentifikasi diri sebagai gay.

Pada 18 Mei, UKHSA mengumumkan mengidentifikasi dua kasus cacar monyet di kalangan gay, biseksual. Satu kasus di London, dan satu lagi di bagian tenggara London.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper