Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi ke SpaceX, Faldo Maldini Sayangkan Masyarakat Lebih Fokus pada Pakaian Elon Musk

Faldo Maldini menyayangkan masyarakat yang lebih berfokus membandingkan pakaian saat pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan CEO Tesla, Inc. Elon Reeve Musk di kantor Space X.
Faldo Maldini - ANTARA/Dyah Dwi.
Faldo Maldini - ANTARA/Dyah Dwi.

Bisnis.com, JAKARTA - Staf Khusus Menteri Sekretariat Negara, Faldo Maldini menyayangkan masyarakat yang lebih berfokus membandingkan pakaian saat pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan CEO Tesla, Inc. Elon Reeve Musk di kantor Space X, Amerika Serikat (AS).

Sekadar informasi, Elon Musk memakai kaus barang dagangan (merchandise) Space X, sedangkan Jokowi memakai kemeja putih lengan panjang yang menjadi ciri khasnya lengkap dengan pin presiden di dada kiri sebagai tanda resmi dirinya.

"Saya kira terlalu remeh apabila [fokus] bicara baju untuk masalah sepenting ini. Justru bagus, tuan rumah menjadi diri sendiri, sebagaimana menjalani kehidupan biasanya. Pembicaraan pun menjadi akrab dan santai, lebih hati ke hati. Ini justru kehebatan Presiden Jokowi, bicara tanpa jarak," ujarnya kepada wartawan, Senin (16/5/2022).

Faldo pun menilai masyarakat sebaiknya lebuh berfokus pada substansi pertemuan, sebab diskusi antara keduanya membahas soal penerapan teknologi.

"Kami kira kita perlu fokus pada substansinya. Pertemuan dengan Elon Musk tentu soal penguatan teknologi, yang mana itu juga jadi fokus pemerintah. Kita perlu memperkuat kolaborasi dengan pemain-pemain utamanya untuk merespons dunia yang semakin dinamis," katanya.

Faldo pun menjawab soal protokol pakaian saat pertemuan-pertemuan resmi. Jika pertemuan bersifat santai dan tak resmi, Jokowi pun pernah memakai kaus hingga jaket.

"Kalau pertemuan resmi kenegaraan dan diplomasi kan sudah memang ada protokolnya, G to G. Kalau tidak ada protokol mengikat yang mengikat, Presiden Jokowi juga pernah menggunakan kaus, jaket, hoodie, atau jeans. Saya kira sudah ada semua standarnya," kata Faldo.

Sekadar informasi, pertemuan Jokowi dan Elon Musk ini terjadi saat Jokowi mengunjungi gedung Stargate SpaceX di Boca Chica, Amerika Serikat.

Kunjungan dilakukan pada Sabtu (14/5/2022). Momen kunjungan ini diunggah dalam akun YouTube Sekretariat Presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper