Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Maudy Ayunda Bocorkan 3 Isu yang akan Dibahas saat G20 Terkait Energi

Jubir Pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia Maudy Ayunda menyebutkan akan ada tiga isu yang dibahas saat Presidensi G20 Indonesia terkait energi.
Jubir Presidensi G20 Maudy Ayunda/Youtube Setkab RI
Jubir Presidensi G20 Maudy Ayunda/Youtube Setkab RI

Bisnis.com, JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia Maudy Ayunda menyatakan akan ada 3 isu yang dibahas saat Presidensi G20 Indonesia, khususnya mengenai transisi energi global yang berkelanjutan dan berkesinambungan.

"Transisi energi berkelanjutan merupakan salah satu isu prioritas Presidensi G20 Indonesia. Kita semua pasti merasakan dampak dari isu ini, di mana suhu bumi semakin memanas setiap tahunnya,” kata Maudy dalam keterangannya dikutip lewat Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (14/5/2022).

Maudy mengatakan, isu pertama yang akan dibahas adalah akses energi yang terjangkau, berkelanjutan, dan dapat diandalkan.

Tujuannya, untuk meningkatkan kerja sama internasional dalam memfasilitasi akses ke penelitian dan teknologi bersih termasuk energi terbarukan, efisiensi energi, dan teknologi bahan bakar fosil yang maju dan lebih bersih, serta mendorong investasi dalam infrastruktur energi dan teknologi energi bersih.

"Hal ini juga mendorong pencapaian target sustainable development nomor 7 yang batas waktunya hingga 2030," ujarnya.

Kedua, smart and clean energy technology, yaitu mendorong implementasi teknologi pintar dan bersih, baik dalam konteks efisiensi energi, pengurangan emisi, maupun pengembangan energi terbarukan.

Ketiga, advancing energy financing, yaitu pembiayaan untuk mendukung dua poin sebelumnya.

Maudy mengatakan, skema dan mekanisme pembiayaan perlu dikembangkan dan mengurangi berbagai hambatan dengan menggalang kolaborasi semua pihak baik pemerintah, swasta, maupun filantropi dengan model bisnis atau public-private partnership yang inovatif.

Menurutnya, transisi energi berkelanjutan memiliki tingkat urgensi yang sangat tinggi sehingga harus menjadi perhatian semua pihak. Masyarakat pun dapat mengambil peran untuk terlibat langsung dalam mendukung hal tersebut.

"Aktivitas sederhana yang secara perlahan bisa kita transisikan adalah penggunaan transportasi umum untuk mengurangi energi gas buang," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper