Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sah! Ini 27 Negara di Eropa yang Mengesahkan Penggunaan PeduliLindungi

PeduliLindungi telah memiliki fitur penerbitan sertifikat internasional dengan standar QR code Uni Eropa dan dengan kerjasama ini QR code di sertifikat internasional.
Ilustrasi tampilan aplikasi PeduliLindungi di ponsel. /Bisnis-Rio Sandy Pradana
Ilustrasi tampilan aplikasi PeduliLindungi di ponsel. /Bisnis-Rio Sandy Pradana

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Indonesia dan Eropa akhirnya meresmikan kerja sama antara PeduliLindungi dan EU Digital Covid Certificate (EU DCC) tentang pengakuan sertifikat vaksiniasi Covid-19 dibeberapa negara Eropa. Berikut negara Eropa yang ikut dalam kerja sama ini.

Peresmian yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dan Eropa pada, Kamis (12/5/22) merupakan bagian dari langkah untuk memfasilitasi perjalanan luar negeri dalam rangka pemulihan ekonomi, khususnya bagi pekerja migran Indonesia, pelajar, wisatawan mancanegara dan para pelaku bisnis.

Sesuai dengan rilis yang disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri, dengan pemberlakuan kerja sama ini,  sertifikat vaksinasi Covid-19 yang dikeluarkan oleh Pemri setara dengan yang dikeluarkan oleh Pemerintah UE sesuai dengan Regulasi (UE) 2021/953 yang memungkinkan untuk verifikasi keaslian, validitas, dan integritas sertifikat.

Melalui saling pengakuan ini, Uni Eropa mengesahkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi di wilayahnya sehingga QR code sertifikat internasional EU di PeduliLindungi dapat terbaca di Uni Eropa dan warga Indonesia yang akan melancong ke Uni Eropa tidak perlu lagi mendaftarkan QR Code secara terpisah.

Berikut 27 negara Eropa yang melibatkan diri dalam kerja sama tentang pengakuan sertifikat vaksinasi Covid-19.

1. Austria

2. Belanda

3. Belgia

4. Bulgaria

5. Rep. Ceko

6. Denmark

7. Estonia

8. Finlandia 

9. Hongaria 

10. Irlandia 

11. Italia

12. Jerman

13. Kroasia

14. Latvia

15. Lithuania

16. Luksemburg 

17. Malta 

18. Prancis

19. Polandia 

20. Portugal

21. Rumania 

22. Siprus

23. Slowakia

24. Slovenia

25. Spanyol

26. Swedia

27. Yunani

Selain itu, dengan adanya kerja sama ini, bisa dipastikan kalau aplikasi PeduliLindungi dapat diakses oleh masyarakat atau turis Indonesia yang berada di 27 negara tersebut.

Lalu, menurut Staf Ahli Menkes Bidang Teknologi Kesehatan, Setiaji, pembahasan tentang saling pengakuan dan interoperabilitas antara PeduliLindungi Indonesia dan EU DCC ini telah berlangsung sejak November 2021. Kedua belah pihak secara intensif berkomunikasi dan berkoordinasi untuk memastikan interoperabilitas antara kedua sistem. 

“PeduliLindungi telah memiliki fitur penerbitan sertifikat internasional dengan standar QR code Uni Eropa dan dengan kerjasama ini QR code di sertifikat internasional di aplikasi PeduliLindungi diakui dan dapat terbaca," kata Setiaji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper