Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Update Situasi Militer Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-78: Situasi Menegang di Belgorod, Aktivitas Peralatan Udara Rusia Meningkat

Azovstal sampai saat ini masih menjadi salah satu sasaran serangan pasukan Rusia. Beruntungnya, beberapa warga sipil berhasil dievakuasi.
Foto yang diabadikan pada 21 April 2022 ini menunjukkan pemandangan pabrik Azovstal di kota pelabuhan Mariupol./Antara
Foto yang diabadikan pada 21 April 2022 ini menunjukkan pemandangan pabrik Azovstal di kota pelabuhan Mariupol./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Serangan Rusia ke Ukraina per hari ini sudah memasuki hari ke-78. Setelah hari kemarin tidak adanya perkembangan yang signifikan dari kedua belah pihak yang berseteru. Pada hari ini situasi dilaporkan perlahan-lahan meningkat di dekat daerah Belgorod.

Dalam laporan lain, pertahanan udara Rusia telah aktif lebih dari biasanya malam ini, dan penduduk setempat juga melaporkan jet terbang milik pasukan Rusia yang mulai lebih aktif lebih dari hari lainnya.

Selain kejadian tersebut, ada beberapa situasi terbaru yang terjadi di wilayah Ukraina. Dilansir dari Militaryland, Kamis (12/5/22) berikut situasi militer di wilayah Ukraina.

Kharkiv

Di Kharkiv, setelah membebaskan daerah Pytomnyk dari tentara Rusia. Pada hari ini, belum ada informasi terbaru mengenai perkembangan di daerah Kharkiv. Namun, dalam beberapa sumber mengatakan jika pasukan Ukraina sudah mencapai perbatasan Bairak pada hari ini.

Donet Siverskyi

Pada hari ini, Rubizhne dan Vojevodivka tetap diperebutkan oleh kedua negara di daerah Donet Siverskyi ini, pertempuran sedang berlangsung sejak hari kemarin sampai dengan hari ini. Di sisi lain, pasukan Rusia yang berusaha maju ke daerah Lyman dan Ozerne, masih dapat ditahan dan dilawan oleh pasukan Ukraina.

Sejak beberapa hari lalu, Donet Siverskyi memang menjadi incaran dari pasukan Rusia untuk menguasaia daerah ini. Akan tetapi, beberapa daerah di Donet Siverskyi masih ditempati oleh pasukan Ukraina yang selalu berhasil menghalau serangan dari pasukan Rusia.

Daerah yang masih terjadi baku tembak: Oleksandrivka, Lyman, Rubizhne, Sievierodonetsk, Lysychansk, dan Kramatorsk

Garis Depan Pryazovia

• Daerah Donetsk

Di Donetsk, setelah pada hari kemarin pasukan Rusia menerobos beberapa daerah di Donteks. Per hari ini, pertempuran antara pasukan Rusia dan Ukraina terjadi di daerah Avdiivka, namun belum ada informasi lebih lanjut tentang situasi disana.

• Daerah Zaporizhzhia

Tidak ada perubahan di kota Zaporizhzhia, situasi tetap sama dengan hari kemarin.

Garis Depan Selatan

• Daerah Mykolaiv

Tidak ada perubahan di kota Mykolaiv, situasi tetap sama dengan hari kemarin. 

• Daerah Kherson

Di Kherson, Tidak ada perubahan di kota Mykolaiv, situasi tetap sama dengan hari kemarin. 

• Oblast Dnipropetrovsk

Tidak ada perubahan di kota Dnipropetrovsk, situasi tetap sama dengan hari kemarin.

Mariupol

Di Mariupol, tidak ada perubahan yang signifikan. Azovstal sampai saat ini masih menjadi salah satu sasaran serangan pasukan Rusia. Beruntungnya, beberapa warga sipil berhasil dievakuasi ke beberapa daerah yang dikuasai oleh Ukraina. Meskipun, masih terdapat warga sipil yang terjebak di Azovstal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper