Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Update Situasi Militer Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-76: Ukraina Ambil Alih Kharkiv, Rusia Mulai Kuasai Siverskyi Donets

Tentara Rusia mulai menargetkan kota Mykolaiv dan Odesa dengan rudal jelajah milik mereka untuk menguasai wilayah tersebut.
Anggota Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina berpartisipasi dalam latihan di bekas pabrik aspal di pinggiran Kyiv, Ukraina, Sabtu (19/2/2022)./Bloomberg-Ethan Swope
Anggota Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina berpartisipasi dalam latihan di bekas pabrik aspal di pinggiran Kyiv, Ukraina, Sabtu (19/2/2022)./Bloomberg-Ethan Swope

Bisnis.com, JAKARTA - Serangan Rusia ke Ukraina per hari ini sudah memasuki hari ke-76. Pada hari ini, pasukan Ukraina terus bergerak maju di sekitar Kharkiv untuk menggeser tentara Rusia yang berada disana.

Sementara itu, setelah pertempuran panjang dalam beberapa hari akhirnya pasukan Rusia perlahan-lahan mulai menguasai wilayah Siverskyi Donets. 

Selain Siverskyi Donets, tentara Rusia mulai menargetkan kota Mykolaiv dan Odesa dengan rudal jelajah milik mereka untuk menguasai wilayah tersebut.

Lalu, dalam laporan lain parade kemenangan Rusia dan pidato Putin yang terjadi pada hari lalu tidak membawa sesuatu yang baru bagi pergerakan Rusia di UkrainaSelain kejadian tersebut, ada beberapa situasi terbaru yang terjadi di wilayah Ukraina.

Dilansir dari Militaryland, Selasa (10/4/22) berikut situasi militer di wilayah Ukraina:

Kharkiv

Di Kharkiv, pasukan Ukraina telah maju ke utara Stary Saltiv dan membebaskan beberapa daerah seperti Bairak, Zamulivka, Verkhnii Saltiv, dan Rubizhne. Kepala dewan regional Kharkiv melaporkan bahwa pasukan Rusia kembali menembaki Rusky Tyshy, yang menunjukkan desa itu berada di bawah kendali Ukraina.

Donet Siverskyi

Pada hari ini, pertempuran kembali berlanjut di sekitar Oleksandrivka dan Lyman. Elemen pengintai Rusia menyeberangi sungai Siverskyi Donets dan memasuki Bilohorivka. Namun pasukan Ukraina yang berada disana berhasil mendorong mereka kembali pada sore hari dan dilaporkan menghancurkan jembatan ponton di dekatnya.

Dalam laporan lain, pasukan Rusia berusaha untuk merebut lagi Vojevodivka, tetapi serangan ke daerah tersebut berhasil digagalkan pasukan Ukraina. Akan tetapi, Rusia berhasil merebut daerah Nyzhnie di timur dan maju menuju Toshkivka.

Daerah yang masih terjadi baku tembak: Velyka Komyshuvakha, Oleksandrivka, Lyman, Rubizhne, Sievierodonetsk, Lysychansk, Toshkivka, dan sekitar Popasna

Garis Depan Pryazovia

  • Daerah Donetsk

Di Donetsk, setelah pada hari kemarin pasukan Rusia menerobos beberapa daerah di Donteks. Per hari ini, serangan terus dilakukan oleh Rusia ke beberapa daerah termasuk di sekitar Avdiivka dan Novoselivka. Namun serangan yang dilakukan tersebut berhasil ditahan oleh pasukan Ukraina yang berada di daerah tersebut.

  • Daerah Zaporizhzhia

Tidak ada perubahan di kota Zaporizhzhia, situasi tetap sama dengan hari kemarin.

Garis Depan Selatan

  • Daerah Mykolaiv

Tidak ada perubahan di kota Mykolaiv, situasi tetap sama dengan hari kemarin. 

  • Daerah Kherson

Di Kherson, Tidak ada perubahan di kota Mykolaiv, situasi tetap sama dengan hari kemarin. 

  • Oblast Dnipropetrovsk

Tidak ada perubahan di kota Dnipropetrovsk, situasi tetap sama dengan hari kemarin.

Mariupol

Di Mariupol, tidak ada perubahan yang signifikan. Akan tetapi, serangan kembali dilakukan oleh pasukan Rusia ke pabrik baja Azovstal setelah koriodor kemanusiaan yang membawa warga sipil sudah selesai dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper