Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Obituari Darmo Hadipranoto, Pendiri Es Krim Campina (CAMP) Hingga Diakuisisi Ultrajaya (ULTJ)

Mendiang Darmo Hadipranoto merintis es krim Campina dari garasi rumahnya di Surabaya.
Mendiang Darmo Hadipranoto/Annual Report
Mendiang Darmo Hadipranoto/Annual Report

Bisnis.com, JAKARTA - Kabar duka datang dari Surabaya pada Senin, (9/5/2022) siang. 

Sagita Melati, Sekretaris Perusahaan PT Campina Ice Cream Tbk. (CAMP) menyampaikan salah satu pendiri perusahaan, Darmo Hadipranoto meninggal dunia. 

"Bersama ini kami sampaikan bahwa Bapak Darmo Hadipranoto, yang menjabat komisaris perseroan telah meninggal dunia pada Senin (9/5/2022)," tulis Sagita. 

Dilihat dari situs perusahaan, Darmo merupakan nama di balik membesarnya es krim Campina. Merek es krim yang seringkali diduga berasal dari luar negeri. 

Prospektus IPO CAMP mengungkap, Darmo merintis Campina pada 22 Juli 1972 di kota Surabaya. Perusahaan baru itu lahir dari garasi rumah yang terletak di Jl. Gembong Sawah, Surabaya dengan badan hukum CV. Perusahaan baru itu diberi nama CV Pranoto. 

Ekspansi yang gigih membawa es krim Campina makin dikenal masyarakat. Bahkan selang setahun atau pada 1973, Gubernur Jawa Timur saat itu, H.M.Noer mengunjungi perusahaan. 

Mendapat banyak peminat membawa CV Pranoto ikut bertransformasi. PT Pranoto Pancajaya kemudian didirikan.

Pertumbuhan bisnis kemudian membawa Darmo memboyong pabriknya ke Rungkut pada 1982. Saat itu, penjualan oleh Campina terus meluas dengan menambah berbagai armada baik sepeda, freezer hingga van.

Darmo kemudian sempat hengkang dari perusahaan yang didirikannya itu. Pada 1994, pemegang saham perusahaan menjadi Sabana Prawirawidjaja (90 persen) dan Samudera Prawirawidjaja (10 persen). Dua orang terkaya Indonesia di balik susu ultrajaya (ULTJ). 

Nama Darmo kembali ke dalam pemegang saham jelang IPO.  Dalam prospektus, disebutkan Darmo Hadipranoto, Justiani Hadipranoto , Hendro Hadipranoto, dan Listijani Hadipranoto kembali menjadi pemegang saham pada 2017 melalui akta No. 56. 

Darmo sendiri diangkat menjadi komisaris CAPM sejak 1995. Saat ini, putra Darmo yakni Hendro Hadipranoto menjadi direksi di CAMP sejak 1987. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggara Pernando
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper