Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Update Situasi Militer Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-75: Pasukan Rusia Terus Bombardir Infrastruktur Ukraina

Beberapa hari lalu tentara Ukraina sudah berhasil mengatasi serangan dari Rusia ke daerah Kharkiv. Simak update hari ini perang Rusia vs Ukraina.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 09 Mei 2022  |  13:49 WIB
Anggota Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina berpartisipasi dalam latihan di bekas pabrik aspal di pinggiran Kyiv, Ukraina, Sabtu (19/2/2022). - Bloomberg/Ethan Swope
Anggota Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina berpartisipasi dalam latihan di bekas pabrik aspal di pinggiran Kyiv, Ukraina, Sabtu (19/2/2022). - Bloomberg/Ethan Swope

Bisnis.com, JAKARTA - Perang Rusia vs Ukraina per hari ini sudah memasuki hari ke-75. Pada hari ini, tentara Rusia terus menyerang infrastruktur utama di wilayah Ukraina.

Serangan yang dilakukan oleh Rusia menargetkan daerah Mykolaiv dan Odesa dengan rudal milik mereka. Selain itu, Rusia juga menembaki beberapa pemukiman Ukraina di dekat perbatasan di Sumy.

Dalam laporan lain, bayraktar TB2 Ukraina terus memburu dan memberikan kepada pasukan Rusia yang ditempatkan di Pulau Zmiinyi. Kali ini, sebuah helikopter Mi-8 Rusia hancur saat para tentara dari Rusia turun ke Zmiinyi.

Selain kejadian tersebut, ada beberapa situasi terbaru yang terjadi di wilayah Ukraina. Dilansir dari Militaryland, Senin (09/4/22) berikut situasi militer di wilayah Ukraina.

Garis Depan Sloboda

Setelah beberapa hari lalu tentara Ukraina sudah berhasil mengatasi serangan dari Rusia ke daerah Kharkiv dan lainnya. Pada hari ini, Komando Ukraina melaporkan bahwa pasukan Rusia terlihat membangun parit di sekitar Kozacha Lopan. Dengan dibuatnya parit ini, bisa saja menjadi titik awal serangan Rusia ke beberapa daerah di Kharkiv lagi.

Donet Siverskyi

Pada hari ini Pasukan Rusia telah memasuki pinggiran utara Shandryholove. Situasi di sekitar Oleksandrivka tetap rumit, Rusia memiliki keunggulan di darat dan udara. 

Pasukan Rusia berusaha untuk meletakkan jembatan ponton di seberang sungai Siversky Donets di utara Siversk, tetapi langsung berhasil dihentikan oleh pasukan Ukraina. Selain itu, Rusia juga telah memasuki pinggiran timur Nyzhnie, berdasarkan rekaman yang baru-baru ini dirilis.

Dalam laporan lain, Walikota Luhansk menegaskan bahwa pasukan Ukraina telah ditarik dari Popasna ke posisi yang lebih menguntungkan dan dibentengi di dekatnya. 

Daerah yang masih terjadi baku tembak: Velyka Komyshuvakha, Oleksandrivka, Lyman, Rubizhne, Sievierodonetsk, Lysychansk, dan Nyzhnie

Garis Depan Pryazovia

  • Daerah Donetsk

Di Donetsk, Pasukan Rusia berusaha menerobos garis Ukraina di daerah Novomykhalivka dan Novoselivka. Namun, serangan yang dilakukan Rusia terhadap dua wilayah tersebut dapat dihentikan oleh pasukan Ukraina.

  • Daerah Zaporizhzhia

Di Zaporizhzhia, Walikota Zaporizhzhia melaporkan tentang serangan Ukraina yang sedang berlangsung di wilayah tersebut. Belum ada detail tambahan yang dibagikan sejauh ini.

Garis Depan Selatan

  • Daerah Mykolaiv

Tidak ada perubahan di kota Mykolaiv, situasi tetap sama dengan hari kemarin. 

  • Daerah Kherson

Di Kherson, Tidak ada perubahan di kota Mykolaiv, situasi tetap sama dengan hari kemarin. 

  • Oblast Dnipropetrovsk

Tidak ada perubahan di kota Dnipropetrovsk, situasi tetap sama dengan hari kemarin.

Mariupol

Di Mariupol, tidak ada perubahan yang signifikan. Akan tetapi, koridor kemanusiaan untuk membawa pengungsi keluar dari pabrik baja Azovstal masih berlanjut. Tercatat, lebih dari 600 orang telah dievakuasi dari pabrik dan dari Mariupol secara total pada hari ini.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top