Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harta Ganjar Belum Seujung Kukunya Puan Maharani, Segini Perbandingannya!

Elektabilitas Ganjar Pranowo boleh lebih tinggi dibandingkan Puan Maharani, tetapi soal cuan dan kekayaan, hartanya jauh lebih sedikit dibandingkan Puan.
Ketua DPR RI Puan Maharani./Instagram @puanmaharaniri
Ketua DPR RI Puan Maharani./Instagram @puanmaharaniri

Bisnis.com, JAKARTA – Pemilih Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) cenderung memilih Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dibandingkan putri Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani untuk menjadi calon presiden.

Temuan itu berdasarkan hasil survei nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk Prospek Capres 2024.

“Ganjar adalah capres yang paling banyak didukung oleh massa pemilih PDIP,” kata Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas saat memaparkan hasil survei melalui konferensi pers virtual, Kamis (7/4/2022)

Abbas menjelaskan bahwa PDIP merupakan partai pemenang Pemilu 2019. Berbagai survei terkini menunjukkan elektabilitas partai berlambang kepala banteng itu masih paling tinggi dibanding partai-partai lain.

Oleh karena itu, menurutnya arah dukungan massa partai ini kepada calon-calon presiden penting diamati. Dalam survei SMRC terbaru, ditemukan bahwa Ganjar Pranowo adalah tokoh yang paling banyak didukung oleh massa pemilih PDIP untuk menjadi presiden dengan 34,2 persen.

Harta Kekayaan

Kendati memiliki popularitas mentereng, harta milik Ganjar Pranowo rupayanya belum ada seujung kukunya dibandingkan Puan Maharani.

Dalam rilis Laporan Kekayaan Harta Penyelenggara Negara (LHKPN) terbaru, harta Ganjar Pranowo pada tahun 2021 hanya sebanyak Rp11,7 miliar.

Sementara kekayaan milik Puan Maharani pada periode yang sama mencapai Rp382,4 miliar. Jumlah ini setara 32,6 kali lipat dari harta Gubernur Jawa Tengan tersebut.

Mayoritas harta Puan Maharani didominasi surat berharga yang nilainya mencapai Rp222,9 miliar, kemudian harta berupa tanah dan bangunan sebanyak 75 unit senilai Rp149,3 miliar, harta bergerak lainnya Rp5 miliar, kas dan setara kas Rp56,6 miliar dan kendaraan senilai Rp1,5 miliar.

Adapun sebagian besar harta Ganjar Pranowo tanah dan bangunan senilai Rp2,6 miliar, kendaraan senilai Rp1,6 miliar, harta bergerak lainnya senilai Rp708,6 juta, dan kas setara kas Rp6,8 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper