Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) Deklarasi, Ketum IDI Perintahkan Seluruh Anggota IDI Bersatu

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (ID) Adib Khumaidi menginstruksikan seluruh anggotanya tetap solid, bersatu  dan tidak terpancing isu negatif.
Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr. M. Adib Khumaidi, Sp.OT./Antara
Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr. M. Adib Khumaidi, Sp.OT./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Adib Khumaidi menginstruksikan seluruh anggotanya tetap solid, bersatu  dan tidak terpancing isu negatif.

Instruksi itu merupakan satu dari tiga instruksi yang dikeluarkan PB IDI pada Kamis (28/4/2022).

Pada surat edaran yang diunggah di akun Instagram @ikatandokterindonesia yang dipantau Jumat (29/4/2022), PB IDI  mengeluarkan surat edaran (SE) Nomor 191/PB/A.2/04/2022 pada Kamis, 28 April 2022, yang berisi tiga seruan.

Pada surat edaran itu disebutkan, ada dinamika organisasi akhir-akhir ini, maka PB IDI memerintahkan kepada segenap Ketua IDI cabang, wilayah, perhimpunan, dan keseminatan untuk:

 1. Menginstruksikan kepada anggota IDI di seluruh Indonesia untuk tetap menjaga marwah organisasi, etika profesi, dan tidak terpancing isu-isu negatif yang dapat memecah belah kesolidan profesi dan internal organisasi.

2. Mentaati peraturan perundang-undangan yang berlaku, AD/ART IDI, dan ORTALA IDI.

3. Tetap bersama dan bersatu dalam Ikatan Dokter Indonesia.

Unggah Sejarah IDI

Tak hanya itu, PB IDI juga mengunggah video yang berisi sejumlah foto sejarah  berdirinya IDI di akun Instagram resmi @ikatandokterindonesia.

Video itu diberi judul: IDI Reborn. IDI Satu untuk Semua.

Dalam unggahan tersebut, disebutkan bahwa IDI resmi berdiri pada 24 Oktober 1950 dan menjadi satu-satunya perkumpulan dokter di seluruh Indonesia.

Selama 71 tahun. IDI telah membantu menjaga dan meningkatkan sistem kesehatan di Indonesia.

Tak hanya itu, IDI juga akan terus melayani bangsa Indonesia dan melindungi hak para dokter di Indonesia, sekarang dan selamanya.

Melalui unggahan tersebut, sejumlah pengurus IDI yang menegaskan bahwa mereka bangga menjadi dokter Indonesia dan akan tetap menjaga persatuan di dalam IDI.

Lebih lanjut, Ketua Umum IDI mengajak seluruh anggota IDI di seluruh wilayah Indonesia, untuk tetap menjaga soliditas, menjunjung tinggi etik, disiplin, dan kehormatan IDI.

Seperti diketahui, kini berdiri organisasi profesi kedoketran Indonesia di luar IDI yaitu Perkumpulan Dokter Selruuh Indonesia (PDI) yang dideklarasikan pada Rabu, 26 April 2022 di Jakarta.

PDSI mengantongi izin dari pemerintah berupa Surat Keputusan (SK) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI No. AHU-003638.AH.01.07.2022 tentang Pengesahan Pendirian PDSI.

Ketua Umum PDSI adalah  Brigjen TNI (Purn) dr. Jajang Edi Priyatno Sp.B.

Terkait dengan berdirinya PDSI, Bisnis telah mencoba menghubungi Ketum IDI Adib Khumaidi beberapa kali untuk meminta tanggapan atas berdirinya PDSI, namun belum direspons hingga beria ini diturunkan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper