Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hadapi Puncak Arus Mudik 2022, Begini Strategi Polri Cegah Kemacetan

Korlantas Polri mulai menerapkan rekayasa lalu lintas one way dan ganjil-genap di jalan tol, mulai hari ini, Kamis (28/4/2022) untuk mengurai kepadatan kendaraan saat arus Mudik 2022.
Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo mengatakan masyarakat sudah melakukan mudik Lebaran 2022 lebih awal.

Atas dasar itu, Sambodo berharap puncak arus mudik yang diprediksi jatuh pada Jumat (29/4) tidak terlalu padat.

"Puncak perkiraan arus mudik itu besok tanggal 29 April saat dimulainya hari pertama libur nasional, tapi dari kemarin karena sudah banyak yang berangkat mudah-mudahan besok enggak terlalu padat lagi," kata Sambodo kepada wartawan, Kamis (28/4/2022).

Menurut Sambodo, volume arus lalu lintas meningkat signifikan sejak Rabu (27/4) malam, terutama dari arah Jakarta menuju Timur.

"Sehingga sejak tadi malam sampai tadi pagi terjadi kepadatan mulai dari KM 48.500 Cikampek, tapi informasi terakhir setelah KM 80 kecepatan mulai meningkat bisa 40 sampai 60 KM/jam. Di antara Km 48 sampai KM 70 yang sekarang masih arusnya padat," kata dia.

Sambodo mengatakan pihaknya pun sudah melakukan penutupan di tol layang Jakarta-Cikampek atau Sheikh Mohammed bin Zayed (MBZ) untuk mengurai kepadatan. Penutupan dilakukan sejak pukul 08.15 WIB hingga arus lalu lintas kembali lancar.

"Alhamdulillah sampai saat ini arus yang di bawah sendiri masih bisa kencang masih bisa 60 sampai 80 KM/jam," kata Sambodo.

One Way dan Ganjil Genap

Sementara itu, Korlantas Polri mulai menerapkan rekayasa lalu lintas one way dan ganjil-genap di jalan tol, mulai hari ini. Kabagops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi mengajak masyarakat tertib menaati aturan tersebut.

"Mari taati aturan one way beserta ganjil-genap ini. Ikuti petunjuk petugas di lapangan. Untuk pengemudi agar tertib jalur dan lajurnya," kata Eddy dalam keterangannya, Kamis (28/4/2022).

Lebih lanjut, Eddy mengimbau para pemudik di jalan tol untuk tidak menggunakan bahu jalan kecuali darurat. Jika lelah diperjalanan, Eddy merekomendasikan rest area atau arteri sebagai tempat istirahat.

"Tidak berhenti di bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat. Silakan istirahat di rest area terdekat atau keluar ke arteri untuk istirahat. Setelah itu bisa masuk kembali ke jalur tol," ujarnya.

Eddy menyebut aturan ini diberlakukan demi kelancaran mudik masyarakat di lebaran 2022. Eddy berharap, one way dan ganjil-genap membuat pertemuan dengan keluarga menjadi nyaman.

"Dua rekayasa lalu lintas ini untuk kenyamanan masyarakat dan para pemudik bertemu keluarga masing-masing. Mudah-mudahan perjalanannya nyaman dan bahagia selalu," ungkapnya.

Eddy pun berpesan kepada masyarakat untuk berhati-hati di jalan. Dia mengingatkan masyarakat menjaga kondisi fisik dan kendaraan selama di perjalanan.

"Siapkan kondisi fisik dan pastikan dalam keadaan sehat wal afiat. Pastikan kondisi kendaraan yang digunakan siap pakai atau layak jalan, cek mesin, dan kelengkapan lainnya," tuturnya.

Adapun, penerapan rekayasa lalu lintas one way dan ganjil-genap mudik 2022 mulai berlaku Kamis (28/4) hingga Minggu (1/5). Penerapannya mulai di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Adapun penerapan rekayasa lalu lintas one way dan ganjil-genap mudik 2022 mulai berlaku Kamis (28/4) hingga Minggu (1/5). Penerapannya mulai di Jalan Tol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper