Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

H-4 Lebaran, Arus Mudik di Gerbang Tol Merak Padat

Polda Banten mengatakan arus mudik di gerbang tol Merak padat pada Kamis (28/4/2022) atau H-4 Lebaran.
Ilustrasi Gerbang tol Merak/istimewa
Ilustrasi Gerbang tol Merak/istimewa

Bisnis.com - Arus lalu lintas mudik Lebaran di Gerbang Tol Merak, Banten yang hendak menuju Pelabuhan Merak terpantau padat oleh kendaraan pemudik pada hari ini, Kamis (28/4/2022) atau H-4 Lebaran.

Wadirlantas Polda Banten AKBP Alfaris Pattiwael mengatakan bahwa kondisi lalu lintas benar-benar padat dalam beberapa jam terakhir.

"Sekarang kami melaksanakan pola zona tiga yakni situasi merah. Jadi kita overhandling dari Direktorat Lalu Lintas kemudian bekerja sama dengan Satlantas Polres Serang Kota, kemudian Cilegon dan dari unsur Korlantas Polri," katanya seperti dilansir dari Antara, Kamis (28/4/2022).

Dia menuturkan Polda Banten memberlakukan skema rekayasa lalu lintas di wilayah Gerem yang berdekatan dengan Gerbang Tol Merak dan Jalan Gerem, Merak yang mengarah ke Jalan Cikuasa Atas pada Kamis pagi.

Pihaknya telah melakukan pemantuan lalu lintas di jalan layang Cikuasa Atas.

"Kami menunggu apabila kondisi di Cikuasa Atas itu sudah lengang maka kami akan kirim ke sana," ujarnya.

Selain itu, Polda Banten juga melakukan rekayasa lalu lintas mulai Cikupa, kemudian di Serang Timur, sampai dengan Cilegon Barat.

Polda Banten juga berkoordinasi dengan PT Marga Mandalasakti (MMS) sebagai pengelola jalan Tol Tangerang-Merak.

"Kami sudah jauh-jauh hari melaksanakan sosialisasi, bahkan dari pihak PT Marga Mandalasakti (MMS) sendiri sebagai pengelola tol sudah melaksanakan sosialisasi tersebut, dari mulai pemberlakuan zona hijau, kuning, maupun merah," kata AKBP Alfaris Pattiwael.

Berdasarkan pantauan Antara di lapangan pada pukul 05.00, terjadi kepadatan lalu lintas di Gerbang Tol Merak. Kondisi serupa juga terjadi di Jalan Gerem di mana skema rekayasa lalu lintas turut diberlakukan.

Berdasarkan data yang dirilis ASDP Cabang Merak, hingga Rabu (27/4) pukul 20.00 WIB, jumlah penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan Merak tercatat sebanyak 261.741 orang.

Jumlah tersebut terdiri dari penumpang pejalan kaki sebanyak 12.307 orang dan penumpang dalam kendaraan sebanyak 249.434 orang. Jumlah kendaraan yang menyeberang dari Merak tercatat sebanyak 60.734 kendaraan, dengan kendaraan roda dua tercatat sebanyak 9.129 kendaraan, kendaraan roda empat 32.218 kendaraan, kemudian bus 2.044 kendaraan dan truk 17.343 kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper