Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Tips Mudik Aman dan Sehat dari Dokter Reisa Broto Asmoro

Reisa Broto Asmoro mengingatkan masyarakat untuk menyiapkan mudik Lebaran 2022 dengan baik.
Reisa Broto Asmoro/Ilustrasi
Reisa Broto Asmoro/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA- Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro mengingatkan masyarakat untuk menyiapkan mudik Lebaran 2022 dengan baik. Terlebih pandemi virus Corona (Covid-19) masih belum berakhir di Indonesia.

Reisa kemudian memaparkan 10 tips mudik aman dan sehat untuk para pemudik. Pertama menurutnya penting bagi para pemudik untuk menentukan waktu terbaik perjalanan.

"Pastikan ambil waktu yang tidak padat, ambil jam-jam yang agak lowong. Usahakan kita pergi di waktu-waktu tersebut," kata Reisa dalam Siaran Sehat bersama Dokter Reisa dikutip dari Instagram @radiokesehatan, Selasa (26/4/2022).

Kedua, Reisa menambahkan para pemudik harus mengecek kesehatan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan jauh. Berikutnya dia menyarankan agar para pemudik yang tengah sakit untuk menunda bepergian.

"Jangan memaksakan diri berbahaya saat perjalanan dan berbahaya nanti ketika ternyata terkena penyakit menular dan bisa menularkan anggota keluarga yang lain," tuturnya.

Reisa juga mengingatkan masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi dosis ketiga (booster) minimal satu atau dua minggu sebelum mudik. Selain itu dia juga menyarankan pemudik untuk selalu memakai masker, membawa masker cadangan yang mencukupi, membawa hand sanitizer dan sering mencuci tangan.

"Kemudian yang keenam konsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Ketujuh ketahuilah titik-titik rest area atau tempat- tempat untuk beristirahat dan lakukan lah istirahat selama di perjalanan paling tidak dua jam sekali untuk pengendara motor dan empat jam sekali untuk pemudik yang menggunakan mobil," imbuhnya.

Kemudian ke delapan, lanjut Reisa, pelajari bagaimana pemudik bisa mengantisipasi keadaan ketika dalam situasi yang terjebak macet. Lalu manfaatkan layanan kesehatan yang disediakan Pemerintah.Terakhir Reisa juga mengingatkan masyarakat untuk selalu menggunakan aplikasi PeduliLindung dan mengizi e-Hac.


"Tambahan cek juga kendaraannya kalau menggunakan kendaraan pribadi dan perhatian rambu lalu lintas. Semoga perjalanan mudiknya aman lancar dan sehat-sehat ya," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper