Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-60: Pejabat AS ke Kyiv, Ukraina Minta Pasokan Senjata 

Simak rangkuman beberapa peristiwa terbaru perang Rusia hari ke-60, seperti yang dilansir dari The Guardian pada Minggu (24/4/2022).
Pasukan Ukraina berjaga-jaga di wilayah ibu kota Kyiv/NPR.com
Pasukan Ukraina berjaga-jaga di wilayah ibu kota Kyiv/NPR.com

Bisnis.com, JAKARTA - Perang Rusia vs Ukraina sudah memasuki hari ke-60 atau tepat satu bulan sejak invasi berlangsung pada akhir Maret 2022. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky akan bertemu dengan Menlu dan Menhan Amerika Serikat (AS) di Kyiv pada Minggu (24/4/2022). 

Di saat yang sama, Rusia melanjutkan serangan ke Ukraina selatan dan timur. Untuk mengantisipasi gempuran Rusia, Ukraina meminta pasokan senjata lebih banyak dari AS. 

Simak rangkuman beberapa peristiwa terbaru perang Rusia hari ke-60, seperti yang dilansir dari The Guardian pada Minggu (24/4/2022).

Rangkuman Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-60

AS akan bertemu Ukraina di Kyiv

Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Antony Blinken dan Menteri Pertahanan (Menhan) AS Lloyd Austin, akan melakukan perjalanan ke Kyiv untuk bertemu dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky pada Minggu (24/4/2022). Ini akan menjadi perjalanan tingkat tinggi AS pertama ke kota itu sejak perang dimulai pada 24 Februari 2022.

Ukraina meminta pasokan senjata lebih banyak dari AS

Pada konferensi pers yang diadakan hari Sabtu (23/4/2022) di stasiun metro bawah tanah, Presiden Zelensky mengatakan bahwa Ukraina akan meminta lebih banyak senjata berat dari AS untuk mengalahkan Rusia.

“Begitu kami memiliki [senjata lebih banyak], segera setelah ada cukup banyak, percayalah, kami akan segera merebut kembali wilayah ini atau itu, yang untuk sementara diduduki,” kata Zelensky.

Ukraina akan negosiasi damai dengan Rusia

Presiden Zelensky juga berbicara panjang lebar tentang kemungkinan negosiasi damai dengan Rusia. Namun, dengan satu syarat, dia mengatakan jika Moskow membunuh pembela Mariupol atau melanjutkan referendum kemerdekaan di sebagian wilayah selatan Kherson dan Zaporizhzhia, Ukraina akan menangguhkan negosiasi damai dengan Moskow.

Serangan Rusia mengakibatkan 8 orang tewas, termasuk seorang bayi

Serangan menjelang Paskah Ortodoks, pasukan Rusia menggempur kota-kota di Ukraina selatan dan timur. Menurut pernyataan pejabat Ukraina, ada seorang bayi berusia tiga bulan termasuk di antara delapan orang yang tewas saat Rusia menembakkan rudal jelajah ke kota pelabuhan Laut Hitam Odesa. Delapan belas lainnya terluka akibat serangan tersebut.

Serangan terpisah di Girske, sebuah desa di wilayah Lugansk timur, menewaskan enam warga sipil. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Gubernur Lugansk, Sergiy Gayday.

Dua Jenderal Rusia Tewas

“Dua jenderal Rusia tewas di dekat Kherson,” kata Kementerian Pertahanan Ukraina dalam sebuah pernyataan. Sementara itu, ada satu jenderal lainnya yang sedang dalam kondisi kritis. Hal ini karena militer Ukraina pada Jumat (22/4/2022) menghantam pos komando tentara ke-49 Rusia di dekat ibu kota wilayah yang diduduki.

Warga sipil Ukraina ingin peperangan segera usai

Nasib warga Ukraina di pabrik baja yang luas dan terkepung di Mariupol tidak segera jelas. Sabtu pagi (23/4/2022), unit militer Ukraina merilis sebuah video yang dilaporkan diambil dua hari sebelumnya ketika wanita dan anak-anak bersembunyi di bawah tanah selama dua bulan. Mereka mengatakan bahwa ingin melihat matahari.

Ukraina gagal evakuasi warganya dari Mariupol

Upaya lain untuk mengevakuasi wanita, anak-anak, dan lansia dari Mariupol gagal pada Sabtu (23/4/2022). Petro Andryushchenko, Penasihat Wali Kota Mariupol, mengatakan bahwa pasukan Rusia tidak mengizinkan bus yang diorganisir Ukraina untuk membawa penduduk ke Zaporizhzhia, sebuah kota 227km (141 mil) ke barat laut.

Studi menyatakan Rusia akan memperluas jangkauan serangan

Institut Studi Perang yang berbasis di AS telah merilis analisis terbarunya. Studi tersebut memperingatkan bahwa pasukan Rusia kemungkinan akan meningkatkan skala operasi ofensif darat dalam beberapa hari mendatang.

Ini memprediksi bahwa Rusia kemungkinan akan terus menyerang tenggara dari Izyum, barat dari Kreminna dan Popasna, dan utara dari Donetsk melalui Avdiivka atau poros lain. Pasukan Rusia akan berusaha membuat para penjaga pabrik baja Azovstal di Mariupol kelaparan dan tidak akan membiarkan warga sipil yang terjebak mengungsi.

Tampak dua kuburan massal, diduga Rusia yang menyiapkannya

Gambar satelit yang dirilis minggu ini menunjukkan dua kuburan massal yang baru saja digali di sebelah kuburan di dua kota dekat Mariupol. Pejabat lokal menuduh Rusia mengubur ribuan warga sipil untuk menyembunyikan pembantaian yang terjadi di sana. Sementara itu, Kremlin belum mengomentari gambar tersebut.

Rusia berhasil kuasai Donbas timur dan hancurkan senjata Ukraina

Rusia mengatakan pihaknya menguasai beberapa desa di tempat lain di wilayah Donbas timur dan menghancurkan 11 sasaran militer Ukraina pada Sabtu (23/4/2022), termasuk tiga gudang artileri. Serangan Rusia juga melanda daerah berpenduduk.

Inggris tuduh Rusia mengambil warga sipil Ukraina

Kementerian Pertahanan Inggris merilis pembaruan intelijen yang merinci tuduhan bahwa Rusia berencana untuk mewajibkan warga sipil Ukraina di wilayah Kherson dan Zaporizhzhia.

5,2 juta warga Ukraina telah mengungsi akibat invasi Rusia

Hampir 5,2 juta orang telah meninggalkan Ukraina karena perang. Jumlah warga Ukraina yang meninggalkan negara itu sejak invasi Rusia sekarang menjadi 5.163.686. Hal ini disampaikan oleh badan pengungsi PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).

Ekspor gas Rusia ke UE dapat dipengaruhi oleh invasi Ukraina

“Sepertiga dari gas Rusia yang diekspor ke Uni Eropa (UE) dapat terpengaruh karena perang,” kata kepala perusahaan gas negara Ukraina Naftogaz.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper